Politik

Debat Paslon Pilkada Nunukan Hanya Digelar Sekali

Ketua KPU Nunukan, Rahman

NUNUKAN, Koran Kaltara – KPU Nunukan menjadwalkan debat pasang calon (paslon) Nunukan akan digelar di GOR Dwikora Nunukan pada 22 November.

Debat mengusung tema ‘Nunukan yang Makmur dan Bermartabat Sebagai Beranda NKRI’. Dan, debat paslon hanya akan digelar sekali karena anggaran KPU Nunukan terbatas.

Ketua KPU Nunukan Rahman mengungkapkan, meski hanya digelar sekali, tetapi tidak menghilangkan inti dan jalannya debat paslon. “Ini sesuai hasil rapat, debat hanya sekali,” terangnya kepada Koran Kaltara, Rabu (18/11/2020).

Pertimbangan KPU mengelar sekali debat karena menyesuaikan anggaran KPU. “Kalau dihitung-hitung anggaran debat, mungkin sekitar Rp200 jutaan karena kita mengoptimalisasikan anggaran yang ada,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, anggaran KPU Nunukan hanya sebesar Rp28 miliar. Anggaran ini lebih banyak digunakan untuk pembayaran tenaga ad hock KPU Nunukan yang bertugas di semua daerah Kabupaten Nunukan.

“Kita saja ada 6 ribuan petugas kita. Ini tersebar di 21 kecamatan, 240 desa dan kelurahan. Kemudian di 541 TPS. Jadi, kurang lebih Rp20 miliar anggaran kita terserap untuk honor petugas,” ungkapnya.

Menurut dia, hal tersebut membuat pihaknya hanya mengandalkan siaran langsung di media sosial, facebook, radio dan TV kabel. “Kalau pakai televisi nasional, lebih besar anggaran yang dibutuhkan. Inilah menjadi kendala kita,” pungkasnya.

Soal tema debat paslon, Rahman menjelaskan bahwa tema debat itu sudah mencangkup 7 unsur di Kabupaten Nunukan. Seperti, pendidikan, kesehatan, politik, perbatasan dan lainnya.

“Secara keseluruhan tema ini sudah mencangkup semuanya. Jadi, kita buat singkat dan tidak membuat bingung,” ungkapnya.

Menurut dia, moderator debat diambil dari lulusan S3 UGM bidang politik. “Jadi, juknis debatnya itu, hanya 120 menit. Pelaksanaan debatnya 90 menit. Nanti kita akan temukan moderator dengan setiap paslon untuk mempelajari norma-normal dan mekanisme debat. Kebetulan, moderator kita sudah beberapa kali jadi mederator di beberapa daerah,” tambahnya.

Diketahui, Pilkada Nunukan diikuti dua kandidat. Mereka nanti akan melakukan debat Pilkada. Yakni, Paslon Danni-Nasir nomor urut 2 dan paslon Laura-Hanafiah nomor urut 1. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah