Hukum Kriminal

Datang Minta Rokok, Waria Bawa Kabur HP

Ema, waria yang biasa mangkal di THM saat diamankam unit Jatanras Sat Reksrim Polres Tarakan. (Foto : Istimewa)

TARAKAN, Koran Kaltara – Residivis kasus pencurian, HR alias Ema nekat kembali melakukan pencurian di salah satu ruko di komplek pertokoan THM, Jalan Niaga sekira, Kelurahan Karang Balik pukul 02.00 Wita, 15 Maret lalu. Menurut keterangan korban kepada polisi, awalnya pelaku hendak meminta rokok milik korban yang berinisial HM.

Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira melalui Kasat Reskrim Iptu Muhammad Aldi, menuturkan Ema yang merupakan waria, saat itu sedang mencari pelanggan di pertokoan THM.

“Ema ini waria, residivis pencurian juga. Ya awalnya niat minta sebatang rokok saja sama, korban sebelum melihat kesempatan mengambil handphone,” ujarnya, dikonfirmasi Rabu (31/3/2021).

Ema pun sebenarnya kenal dengan korban. Namun melihat rumah korban terbuka, niat Ema pun langsung berubah dan masuk ke dalam ruko. Setelah masuk, Ema yang melihat korban tertidur langsung membuat niat minta rokok gagal setelah melihat HP korban di meja kasir.

Ema langsung pulang membawa HP korban. Setelah terbangun dari tidur, korban baru menyadari HP miliknya sudah raib. Ia pun mendapatkan informasi, Ema sempat singgah ke ruko miliknya saat ia kehilangan HP. “Korban langsung lapor polisi, pencurian yang dilakukan pelaku dengan menyebutkan ciri-cirinya,” terangnya.

Unit Jatanras Satreskrim Polres Tarakan akhirnya berhasil mengamankan Ema di tempat persembunyiannya. Di salah satu rumah kos di Jalan Cenderawasih, Kelurahan Karang Anyar Pantai, Tarakan Barat pada Jumat (26/3/2021) sekitar pukul 14.00 Wita.

Dari hasil pemeriksaan, Ema mengaku kenal dengan korban karena pelaku waria ini sering mangkal di THM. Pelaku yang merupakan warga Jembatan Besi, Kelurahan Lingkas Ujung, Tarakan Timur ini mengaku sudah menjual handphone tersebut dengan harga Rp 2 juta kepada temannya.

Namun uang tersebut sudah habis untuk membiayai hidup sehari-hari. Namun polisi berhasil mengamankan handphone korban yang sudah dijual pelaku. “Pelaku disangkakan pasal 362 KUHP tentang pencurian. Dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tegasnya. (*)

Reporter: Sahida

Editor: Eddy Nugroho 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah