Nunukan

Danguspurla Koarmada II: Meski Pandemi Covid-19, Pengawasan di Perbatasan Tidak Mundur

Laksamana Pertama TNI Rahmad Eko Rahardjo menyerahkan bingkisan kepada prajurit Lanal Nunukan.(Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Rahmad Eko Rahardjo menegaskan, meskipun saat ini bangsa Indonesia dilanda pandemi Covid-19, termasuk di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan, namun prajurit TNI AL yang bertugas di perbatasan tidak mundur dalam melaksanakan pengawasan.

“Terutama di wilayah perbatasan, mengingat jalur laut ini adalah jalur yang sangat memungkinkan banyak jalur maupun pelabuhan tikus, sehingga berpotensi masuknya barang illegal. Kemudian penyelundupan, terutama narkotika, ini harus tetap kita tingkatkan pengawasannya. Ini juga bekerja sama dengan instansi samping yang terkait,” ujar Danguspurla Koarmada II, Jumat (22/5/2020) di Pangkalan Lanal Nunukan.

Diketahui, Danguspurla Koarmada II datang ke Nunukan menyerahkan bingkisan kepada prajurit Lanal Nunukan.

Ia mengatakan, selaku Dansatgasla Pamtas Ambalat, penyerahan dukungan logistik berupa bingkisan, sebagai wujud perhatian pimpinan dalam hal ini Panglima TNI terhadap jajaran prajurit yang berdinas di perbatasan dalam mendukung Ops Pamtas Ambalat.

Bingkisan dari Panglima TNI juga untuk semua jajaran di Pos Pamtas. Ada 450 bingkisan yang dikemas dalam 450 kotak dan disebar ke 25 Pos Satgas Pamtas dimana di setiap box terdapat 18 item.

“Kita tahu, bahwa mereka melaksanakan tugas operasi secara terus menerus tanpa kenal lelah untuk menjaga kedaulan NKRI dan wilayah perbatasan, khususnya di perairan Ambalat,” ujar Rahmad Eko.

Selain itu, Danguspurla Koarmada II menyampaikan rasa terima kasih kepada Danlanal Nunukan, Letkol Laut (P) Anton Pratomo beserta jajarannya dan Tim Paska Satgas Pamtas Ambalat atas terlaksananya Ops Pamtas Ambalat.

Ke depan, harapan dari pimpinan tertinggi TNI agar Lanal Nunukan dan Tim Paska dapat lebih meningkatkan peran sertanya dalam mendukung Ops Pamtas Ambalat serta memberikan citra positif dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga secara sukarela masyarakat berjuang bersama-sama menjaga perbatasan NKRI.

Danguspurla Koarmada II menekankan, tentunya di tengah situasi yang sulit ini, akibat penyebaran Covid-19, ada pesan khusus dari pimpinan untuk selalu menjaga kesehatan, kemudian yang utama untuk membantu satuan tugas percepatan penanganan Covid-19 dalam hal ini gugus tugas yang sudah dibentuk, baik yang di nasional maupun di daerah. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendadak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah