Bulungan

Dandim Baru di Bulungan, Sapta Diingatkan Soal Karhutla

DANDIM 0903/Tsr Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly (paling kanan) mulai bertugas di Bulungan, Senin (29/6/2020). (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0903/Tsr baru, Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly diberikan tugas yang berat. Salah satu tugas yang diemban oleh Sapta yang resmi menggantikan Kolonel Inf Aswin Kartawijaya, adalah persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bulungan.

Kejadian Karhutla yang terjadi pada tahun 2019 silam, ternyata mendapat atensi dari Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto. Ditemui awak media usai pimpin sertijab, Danrem 092/Maharajalila Kaltara, Brigjen TNI Suratno mengatakan, ia sudah mengingatkan kepada Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly soal Karhutla yang terjadi.

Danrem menegaskan, Dandim 0903/Tsr yang baru segera membangun koordinasi, dengan satuan lain untuk memberikan edukasi agar tidak ada lagi Karhutla yang terjadi. “Biasanya kalau di sini (Bulungan, red) kalau sekitar Agustus atau September itu sudah mulai musim kemarau. Sudah mulai ada asap-asap. Jadi saya sudah ingatkan ke Dandim yang baru (Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly) kita siapkan untuk bagaimana bisa menanggulangi masalah asap ini. Karena jangan sampai terulang lagi seperti tahun lalu (2019),” katanya.

Danrem juga mengingatkan, agar seluruh Dandim di wilayah hukum Korem 092/Maharajalila Kaltara untuk segera menjalin koordinasi dengan aparat kepolisian maupun pemerintah. Langkah ini kata dia, sebagai awal untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di Kaltara.

Terjadinya Karhutla ini bukan hanya berdampak kabut asap tetapi juga berdampak sosial seperti kerusakan lingkungan hidup serta gangguan kegiatan masyarakat. Jika upaya imbauan yang dilakukan pihaknya tak memberikan efek, tentu penindakan tegas akan menjadi ranah pihak kepolisian.

“Di desa itu kan itu ada Babinsa (TNI) dan Bhabinkamtibmas (Polri). Mereka kita perintahkan untuk gencar memberikan edukasi (pemahaman) agar masyarakat tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar. Seluruh Dandim termasuk yang Dandim yang baru (Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly) juga sudah saya ingatkan, supaya membangun koordinasi. Baik itu dengan Polri maupun pemerintah. Kita lakukan pencegahan sedini mungkin,” jelas Danrem.

Seperti diketahui roda kepemimpinan Kodim 0903/Tsr kembali berganti. Kodim 0903/Tsr yang sebelumnya dipimpin oleh Kolonel Inf Aswin Kartawijaya digantikan dengan Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly.

Kolonel Inf Aswin Kartawijaya sendiri akan berpindah tugas sebagai Kabaglat Rindam II Sriwijaya. Sedangkan sebelum menjadi Dandim 0903/Tsr, Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly menjabat sebagai salah satu dosen Madya Seskoad. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah