Tarakan

Dandim 0907 Tarakan Memantau Pelaksanaan TMMD

Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto meninjau pekerjaan TMMD . (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Komandan Kodim 0907 Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto meninjau langsung pelaksanaan program TMMD di Jalan Damai Bhakti, Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kamis (24/9/2020).

Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto mengatakan, TMMD ke-109 tahun 2020 di wilayah Kota Tarakan hari sudah mulai pelaksanaannya, yakni renovasi masjid, gereja dan pembukaan akses jalan.

“Hari ini kami melaksanakan renovasi masjid, ada juga gereja bersama Polri, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Satpol PP. Sudah mulai kami perbaiki. Kami juga memberikan sedikit bantuan kepada masyarakat di sini yang terdampak Covid-19,” katanya.

Untuk menghindari penumpukan atau pengumpulan orang, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, jumlah personel yang diturunkan diatur.

Untuk pekerjaan fisik hari pertama ini yang diturunkan sebanyak 80 personel, terdiri dari anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan Satpol PP serta dibantu masyarakat sekitar.

Selain itu, khusus untuk pembukaan jalan karena situasinya hujan, maka dilakukan pembukaan terlebih dahulu setelah kering baru nanti dilakukan penimbunan.

Pembukaan jalan saat ini sudah mencapai 20 persen dari rencana panjang jalan 1.100 meter.

“Untuk jalan pendek saja panjangnya 1.100 meter, tapi karena kondisi rawa harus kita bongkar dulu, gali dulu Insya Allah kita bisa. Masyarakat di sini sangat antusias, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, Kepolisian juga turut membantu,” tuturnya.

Dandim menegaskan, bersama seluruh instansi dan seluruh elemen masyarakat, TMMD berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. Namun yang paling penting dari kegiatan TMMD adalah manfaat untuk masyarakat.

“Begitu akses dibuka, pertama mempersingkat waktu tempuh masyarakat menuju Kota Tarakan. Kedua, hasil-hasil perkebunan masyarakat yang ada di Kampung Swaran mudah dimobilisasi menuju kota untuk dipasarkan. Ketiga, otomatis (akses) memberikan dampak manfaat ekonomi bagi warga sekitar,” katanya.

Selain pembukaan jalan, juga akan dilakukan pembangunan jembatan permanen sesuai dengan rencana program TMMD. Harapannya, ungkap Dandim, seluruh program bak fisik maupun non fisik dapat selesai tepat waktu yakni 22 Oktober 2020. (adv)

BACA JUGA: 

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah