Hukum Kriminal

Curi 2 Motor, Pengangguran Ditangkap Polisi

Pelaku pencurian motor berhasil diamankan pihak kepolisian. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Seorang pemuda berinisial AK terpaksa harus berurusan dengan Polisi. Pemuda yang diketahui tak memiliki pekerjaan alias pengangguran itu diamankan lantaran telah melakukan tindak pidana pencurian dua unit sepeda motor di wilayah Kabupaten Bulungan.

Kasat Reskrim Polres Bulungan AKP Belnas Pali Padang melalui Kanit Resmob Ipda Faisal Anang mengatakan, pelaku berinisial AK itu diamankan di Jalan Semangka pada Jum’at (7/8/2020) dini hari.

Anang mengungkapkan, penangkapan terhadap pelaku berawal adanya informasi mengenai tindak pidana pencurian motor pada Kamis (6/8/2020).

“Setelah kita dapatkan informasi itu, kemudian kita langsung mendatangi TKP (tempat kejadian perkara) dan dilanjutkan dengan mengumpulkan informasi dari para saksi di sekitar,” kata Anang saat dikonfimasi Koran Kaltara, Jum’at (7/8/2020).

Pada saat mengumpulkan informasi, ungkap Anang, pihaknya mendapatkan keterangan bahwa motor tersebut telah dibawa oleh seorang laki laki berbaju hitam dengan badan tidak terlalu tinggi. Dengan adanya informasi itu, kepolisian lalu melakukan profilling terhadap orang orang yang dicurigai.

“Berdasarkan hasil profiling yang kita lakukan, memang semua tertuju ke dia (AK),” sambungnya.

Setelah mendapatkan hasil profiling, kepolisian langsung bergerak dan melakukan penangkapan terhadap pelaku.

Pelaku sendiri, kata Anang, diamankan saat sedang melintas di sekitar TKP penangkapan. Saat dilakukan interogasi awal, pelaku langsung mengakui telah mencuri sepeda motor di Jalan Semangka, Gang Peradi.

“Dia akui semua perbuatannya. Dia curi kendaraan itu dengan menggunakan kunci palsu. Lalu kendaraannya disembunyikan di dalam hutan untuk kemudian dijual,” imbuhnya.

Saat diamankan, pelaku memang sedang mengendarai sepeda motor. Dari hasil interogasi yang dilakukan petugas keamanan, motor yang dikendarai itu ternyata juga merupakan hasil tindak pidana pencurian.

“Dia curi motor itu, hanya untuk biaya hidupnya. Dia gadaikan terus hasilnya (uang) untuk biaya hidupnya saja. Karena dia juga pengangguran kan,” jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP. Sementara kepolisian masih akan melakukan pengembangan. Karena tidak menutup kemungkinan masih ada barang bukti lainnya.

“Masih dikembangkan lagi. Siapa tau masih ada BB-nya lagi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah