Nunukan

Cuaca Nunukan Sepekan ke Depan: Berawan dan Hujan Ringan

Prakirawan BMKG Nunukan, Girindra Adi Wardhana

NUNUKAN, Koran Kaltara – Badan Meteorologi Klimatologi dan Goefisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Nunukan, merilis prospek cuaca satu minggu kedepan, tanggal 2 – 9 Juli 2020 untuk wilayah Kabupaten Nunukan. Nunukan diperkirakan berawan dan berpotensi terjadinya hujan ringan.

Prakirawan BMKG Nunukan, Girindra Adi Wardhana mengatakan, daerah Krayan dan Krayan Selatan, umumnya berawan dan berpotensi terjadi hujan ringan pada siang hingga malam hari.

Lalu di wilayah Lumbis, Lumbis Ogong, Seimenggaris, Sembakung, Sembakung Atulai dan Tulin Onsoi, umumnya berawan dan berpotensi hujan lokal, hujan ringan pada sore hingga malam hari.

Untuk Nunukan dan Nunukan Selatan, juga berawan dan potensi terjadi hujan ringan saat sore dan malam hari. Kemudian di pulau Sebatik, potensi hujannya ringan dan terjadi pada dini hari dengan umumnya berawan.

“Untuk prakiraan gelombang, perairan Kalimantan Utara (Kaltara), arah angin, Tenggara – Barat Daya, 03 – 15 knot dengan tinggi gelombang dari 0.5 – 1.25 meter,” ujar Girindra, Jumat (3/7/2020).

Ia menjelaskan, kondisi atmosfer secara umum yang terpantau pada tanggal 29 Juni 2020 lalu, tekanan udara di wilayah Indonesia pada umumnya sekitar 1008 – 1010 hPa.

Daerah pertumbuhan awan hujan akibat pertemuan dan belokan angin berada di wilayah Kaltara, Sulbar, Sulteng, Gorontalo, Sulut, Maluku, Maluku Utara, Papua barat dan Papua.

Suhu muka laut umumnya berkisar antara 25,0 °C – 32,0 °C dengan anomali suhu muka laut (+1.0 °C- +3,0 °C) positif berada di Laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, Laut Flores dan Selat Madura.

Kemudian juga di Teluk Tomini, Laut Maluku, Laut Halmahera, Laut Seram, Selat Hindia Barat Bengkulu-Lampung, Selat Hindia Selatan Jawa-NTB, Teluk Cendrawasih dan Samudera Pasifik Utara Papua.

Pola angin wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah Timur Laut-Tenggara. Kecepatan angin rata-rata berkisar antara 5-25 knot.

Sementara, hujan dengan intensitas sedang-lebat yang berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah