Headline

CPNS 2019 Diperkirakan Mulai Bertugas Januari

ASN KALTARA - Pemprov Kaltara siap mengusulkan kembali penerimaan CPNS jika dibuka keran perekrutan oleh pemerintah pusat. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Rekrutmen Tahun Depan, Pemprov Menunggu Informasi Resmi

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diseleksi sejak Tahun 2019 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), saat ini telah melakukan pemberkasan. Diketahui akibat pandemi covid-19, proses dan tahapannya sempat terkendala, khususnya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Selanjutnya, berdasarkan inventarisasi pengumuman nomor 810/928/2.1-BKD tentang Hasil Integrasi Nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebanyak 264 orang, dinyatakan lulus pada akhir Oktober lalu. Adapun sesuai dengan jadwal yang diumumkan, peserta yang lulus selanjutnya diwajibkan melakukan registrasi atau daftar ulang dengan kelengkapan berkas usul penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Disebutkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara, Burhanuddin, registrasi dilaksanakan selama 11 hari, sejak 5 sampai 15 November 2020 lalu. Sedangkan masa sanggah juga sudah berakhir pada 1 sampai 3 November 2020.

“CPNS sudah pemberkasan. Setelah diumumkan, tidak ada tanggapan yang berlanjut. Memang ada (tanggapan) terutama soal nilai, cuma dia teknis. Itu pun sudah dijawab oleh Panselnas (Panitia Seleksi Nasional). Kita di Pemprov hanya fasilitasi saja. Murni pelaksanaannya adalah Panselnas,” katanya, Rabu (25/11/2020).

Burhanuddin mengungkapkan, ia belum mengetahui pasti kapan para calon abdi negara tersebut mulai bertugas. Namun melihat proses yang berjalan, dimungkinkan awal tahun 2021 nanti para CPNS mulai menjalankan tugasnya.  “Kemungkinan Januari (2021). Tapi nanti teknisnya kita tunggu saja jadwal pastinya,” sebutnya.

Ditanya soal peluang perekrutan CPNS di Tahun 2021, ia mengakui mulai ramai pemberitaan di media melalui rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Namun Pemprov Kaltara akan menunggu informasi resmi sebelum mengajukan perekrutan.

“Secara resmi kita belum terima. Kalau berita, ada saja. Karena memang setiap tahun biasa ada,” ujarnya.

Kepala BKD memastikan, jika pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS, pihaknya akan mengusulkan kembali kuota untuk Kaltara. Pasalnya, jumlah ideal PNS di provinsi termuda di Indonesia ini masih kurang.

“Kalau dibuka (perekrutan CPNS) kita selalu siap. Kita tinggal lihat saja (usulan sesuai kebutuhan). Jumlah ruang struktur kita, itu jumlah idealnya kalau tidak salah 7.973. Jumlah PNS kita sekarang fluktuatif, hampir 4000. Artinya masih kurang sekitar 3000-an lebih,” bebernya.

Ia berharap jika dibuka pendaftaran CPNS, Kaltara kembali mendapatkan kuota. Dengan demikian, pegawai di Pemprov kian bertambah sesuai kebutuhan, di samping dapat mengakomodir para sarjana dari Kaltara. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah