Tarakan

Covid-19 Tarakan Bertambah 4 Orang Transmisi Lokal

Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa/Net)

TARAKAN, Koran Kaltara – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Tarakan hari ini, Sabtu (17/10/2020) bertambah empat orang, sehingga total akumulatif kasus konfirmasi positif Covid-19 di Tarakan sebanyak 281 orang.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Tarakan, dr Devi Ika Indriarti menjelaskan, keempat kasus konfirmasi positif tersebut merupakan transmisi lokal.

Empat kasus konfirmasi yang baru, yaitu;
1. Covid278, atas nama (inisial) TJ, perempuan, umur 34 tahun warga Kelurahan Sebengkok
2. Covid279, atas nama PR, laki- laki, umur 40 tahun, warga Kelurahan Karang Harapan
3. Covid280, atas nama D, laki-laki, umur 75 tahun, warga Kelurahan Karang Anyar
4. Covid281, atas nama AAS, perempuan, umur 26 tahun, warga kelurahan Karang Anyar

“Covid278, Covid279, Covid281 merupakan transmisi lokal dan masih ada hubungan dengan kasus positif sebelumnya, yaitu Covid262 dan saat ini sedang dirawat di RSUKT,” jelasnya.

BACA JUGA: Diduga Transmisi Lokal, Perempuan 24 Tahun Positif Covid-19

Sementara untuk Covid280 sebelumnya ada keluhan batuk, pilek, demam, dan sesak nafassehingga dilakukan pemeriksaan rapid test dan hasilnya reaktif.

“Karena Tarakan ini daerah transmisi lokal, maka kita lakukan pemeriksaan swab dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini yang bersangkutan dirawat di RSUD Tarakan,” tuturnya.

Sementara itu, jumlah akumulasi pasien sembuh hingga saat ini sebanyak 251 orang, pasien positif meninggal dunia sebanyak satu orang.

“Pasien yang masih dirawat dan dilakukan pemantauan sebanyak 29 orang. Kemudian kasus suspek yang dipantau sebanyak 201 orang dan kasus kontak erat yang sedang dipantau sebanyak 252 orang,” urainya.

Devi menambahkan, Tarakan saat ini juga memiliki kasus probable yang sedang dirawat di RSUD Tarakan. Kondisinya sudah membaik dan pemeriksaan swab pertama hasilnya negatif. Saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan swab kedua. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah