Nunukan

Covid-19 di Nunukan: 84 Kasus Baru, 1 Pasien Meninggal Dunia

Ilustrasi pasien covid-16 menjalani perawatan. (foto : pixabay.com)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Penularan kasus Covid-19 di Nunukan semakin meningkat. Terbaru, ada 84 warga terpapar Covid-19 pada Rabu (14/7/2021). Satu pasien konfirmasi dinyatakan meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Nunukan, Aris Suyono mengatakan, pasien meninggal yakni (kode pasien)  NNK 1.842 berinisial MA (61) warga Sei Nyamuk, Sebatik Timur.

“Pasien ini terkonfirmasi tanggal 9 Juli. Pasien meninggal tanggal 14 Juli di ruang perawatan Covid-19 RSUD Nunukan,” jelasnya kepada Koran Kaltara, Rabu (14/7/2021).

Dia mengatakan, pasien ini meninggal dikarenakan gagal nafas atau sesak nafas. Pasien juga memiliki komorbid  jantung, DM Tipe 2 dan edema paru.

“Hari ini (kemarin) akan langsung dimakamkan dengan standar protokol kesehatan di Pemakaman Terpadu Nunukan Selatan,” jelasnya.

Untuk 84 kasus konfirmasi baru ini, Aris mengungkapkan ada 11 orang karyawan PT Adi Karya di Desa Mansalong. Mereka merupakan pelaku perjalanan dan masuk penularan impor.

Selain itu, ada lima warga di Pulau Nunukan masuk penularan impor serta satu warga Sebuku.

“Sisanya penularan lokal. Termasuk, 11 karyawan PT KHL Sebuku yang menjadi pasien suspek dengan rapid antigen positif,” ungkapnya.

Selain penambahan 84 kasus baru, dia menyampaikan ada sembilan kasus telah selesai menjalani isolasi mandiri. Saat ini, ada 551 kasus masih dalam pemantauan maupun perawatan.

“Sebagian besar menjalani isolasi mandiri. Namun, ada 10 kasus dirawat di ruang isolasi Covid RSUD Nunukan dan empat kasus di ruang perawatan suspek serta 38 orang pelaku perjalanan isolasi di Karantina Rusunawa Nunukan,” tambahnya.

Dari data penyebaran, dia menjelaskan ada beberapa kecamatan mengalami kenaikan. Namun, Kecamatan Nunukan masih berada posisi tertinggi mencapai 826 kasus.  Lalu, Sembakung sebanyak 357 kasus dan Nunukan Selatan 293 kasus.

“Untuk Sebatik Utara ada 142 kasus, Sebatik Timur 179 kasus dan Sebuku 98 kasus. Sisanya Kecamatan lainnya berada di bawah 50 kasus,” jelasnya. (*)

BACA JUGA :

Positif Covid-19 di Nunukan Bertambah 30 Kasus

Nunukan Tambah 26 Kasus Baru Covid-19

Di Nunukan Ada 141 Kasus Baru Positif Covid-19

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin