Nasional

CEK FAKTA: Klaim Menteri Agama Izinkan Masjid Kembali Dibuka Adalah Tidak Benar

Screenshot video yang beredar. (Istimewa)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara- Beredar video narasi di media sosial whatAapp yang menyebutkan bahwa Menteri Agama Fachrul Razi mengizinkan masjid menggelar pelaksanaan salat Tarawih dan buka puasa bersama pada Ramadhan tahun 2020 ini.

Pada video tersebut Menteri Fachrul Razi mengingatkan agar tetap menjaga kebersihan dan kewaspadaan.

Namun, seperti dilansir Kementerian Komunikasi dan Informatika di laman resminya kemenkominfo.go.id, menyatakan, klaim Menteri Agama Fachrul Razi mengizinkan masjid kembali dibuka untuk menggelar pelaksanaan shalat Tarawih dan buka bersama pada Ramadan tahun 2020 ini, tidak benar.

Video wawancara Menag Fachrul Razi yang viral di aplikasi percakapan WhatsApp merupakan video yang dipublikasikan pada 13 Maret 2020 lalu, sebelum Ramadan.

Menteri Agama Fachrul Razi sendiri telah menerbitkan Surat Edaran soal Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 di tengah pandemi corona. Salah satu poin surat tersebut mengatur pelaksanaan salat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Surat edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko covid-19,” kata Fachrul pada 6 April 2020 lalu.

Dengan demikian informasi yang beredar dengan narasi dibolehkannya berjamaah di masjid adalah tidak benar. (*)

Reporter: Agung
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah