Kaltara

Cegah Penularan Covid-19 di Transportasi Umum, Terapkan Physical Distancing

Taupan Madjid

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pencegahan penyebaran covid-19 pada sektor transportasi umum di awal 2021, mengedapankan physical distancing, atau pembatasan jarak antar penumpang. Demikian dikonfirmasi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Utara, Taupan Madjid, Jumat (15/1/2021).

Menurutnya, ketentuan tersebut sesuai dengan arahan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub). “Sekarang, kita fokusnya pada physical distancing saat menggunakan transportasi umum. Ini sesuai dengan arahan terbaru dari Kementerian,” kata Taupan.

“Apa yang menjadi kebijakan dari sana, kita ikuti semua. Seperti sebelumnya yang tidak berkata Kaltara tidak boleh masuk. Berikut dengan tambahan-tambahan lainnya,” jelasnya menambahkan.

Taupan mengatakan, sementara ini memang tidak lagi diterapkan ketentuan yang terlalu ketat. Sehingga peran Dishub lebih banyak sebatas imbauan saja. “Kita belum ada aturan-aturan tambahan lain. Paling rapid Anti Gen saat naik pesawat saja. Kalau lewat darat atau speed, kita belum memberlakukan,” ungkapnya.

Soal implementasi physical distancing di lapangan, Taupan mengatakan sudah dilakukan semaksimal mungkin. Petugas di lapangan diminta aktif mensosialisasikan hal tersebut. “Sesuai aset kita, bisa dilihat maksimal di Pelabuhan Tengkayu. Baik di bis kita dan ruang tunggu sudah menerapkan aturan itu. Terus berlanjut juga sampai sekarang,” jelasnya.

Kendati tidak lagi terlalu ketat, anjuran protokol kesehatan tetap ditegaskan maksimal. Baik untuk penumpang dan juga pemilik hingga awak transportasi umum. “Memang tidak lagi terlalu ketat dan ada pembatasan. Tapi soal protokol kesehatan tetap kita jalankan semaksimal mungkin,” jelas Taupan.

“Mulai dari cek suhu dan semprot disinfektan rutin oleh pemilik transportasi umum. Lalu masyarakat juga harus pakai masker dan rutin cuci tangan,” paparnya.

Disamping itu, Taupan mengatakan jika penambahan aturan dimungkinkan terjadi. Terlebih jika jumlah persebaran kasus positif justru meningkat drastis. “Kita tentu mengikuti bagaimana perkembangan ke depan. Jadi kita semua harus disiplin kalau tidak mau lagi banyak aturan pembatasan aktivitas,” pesan Taupan.

“Buat yang habis bepergian, juga bisa sadar diri dengan isolasi mandiri dulu. Kalau dipastikan sehat tanpa gejala apapun, baru aktivitas normal,” pungkasnya.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah