Nunukan

Cara Mendapatkan Bantuan PKH Bagi Lansia

Kadis Sosial Nunukan, Jabbar

NUNUKAN, Koran Kaltara – Anggota keluarga lanjut usia (lansia), umur 70 tahun ke atas dari keluarga kurang mampu, merupakan salah satu penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI. Melalui KPH, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan komponen kesejahteraan sosial berkewajiban memberikan makanan bergizi dan perawatan kesehatan terhadap anggota keluarga lansia di atas 70 tahun.

Tidak bisa dipungkiri, masih ada warga lansia di Kabupaten Nunukan belum menikmati program KPH. Sehingga, perlu didaftarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Misalnya masih ada warga lansia yang belum masuk dalam KPM, mungkin karena belum dilaporkan. Kalau belum masuk, harus didaftarkan, dilaporkan dan dimasukkan datanya di Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial RI,” ujar Jabbar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nunukan, Rabu (29/1/2020).

Dia menjelaskan, untuk data KPM, setiap tiga bulan akan di-upgrade. Umpamanya, data dimasukkan di bulan Januari, berarti update data di bulan Maret.

“Nanti datanya dilihat, jika memenuhi syarat, akan dimasukkan sebagai KPM,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat pertemuan dengan anggota DPRD Nunukan, ada pertanyaan mengenai masalah tersebut. Dijelaskan oleh tenaga pendamping PKH, agar datanya berupa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dimasukkan ke Dinas Sosial dengan surat pengantar dari Desa atau Kelurahan.

Jika ada beberapa warga lansia di satu desa atau kelurahan, digabung menjadi satu dan dibuatkan surat pengantar dari desa atau kelurahan. Bisa juga langsung ke Dinas Sosial untuk dimasukkan di data penerima PKH.

“Nanti di verifikasi datanya. Teman-teman pendamping PKH turun ke lapangan untuk di dicek. Apakah si A layak mendapatkan bantuan sesuai persyaratan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sabri

Editor: Didik

About the author

Koran Kaltara

25 Comments

Click here to post a comment

  • Saya ini juga lasia,…. Usia 62 th,.. Tanpa pensiun, hidup sendiri tanpa penghasilan ….
    Bagaimana caranya agar saya mendapatkan bantuan dari pemerintah……
    Saya tinggal di Surabaya ( Rungkut) .

    Terimakasih bila saya mandapat jawaban

  • Knp tidak dibuat secara online saja seperti kartu prakerja??
    Ayah saya sudah lansia bantuan apapun tdk ada.
    Bahkan yang cek ke desa kami pilih2 saja

  • Orangtua kami usia 88th dan 78 th,ibu kami sakit stroke berat.pencaharian petani dengan luas tanah pertanian sekitar seperempat hektar sudah gk bisa mengerjakan sendiri. Buat kebutuhan sehari hari kurang. Sampai sekarang tidak dapat PKH.

  • Nenek saya sdh umur 70 thn lebih tdk dapat bntuan malahan katanya klw mau pkh harus pnya anak sekolah kenapa pkh usia lanjut syarat nya harus pnya anak sekolah? Aneh ya nmnya jg usia lanjut ya anak na sdh pda besar
    Bagaimana cara mendaftarnya sdngkan kepengurusan dsini selalu acuh selalu salah sasaran.

  • Nenek saya usia seratus tahun lebih, beliau sempat hidup masa perang Jepang., jangan kan PKH satu rupiah pun tidak dia dpt dr pemerintah, identitas terakhir yang belau punya KTP warna kuning jauh sebelum E KTP. Beliau tdk terdata di capil.

  • Ibu angkat saya didaerah Pangalengan dr semenjak ditinggal bapa angkat 15thn yg lalu, blm prnh mendapatkan bantuan dr pemerintah,termasuk bansos covid.

  • Orang tua kami pun belom dapat apapun tentang lansia ,malah yg kaya tiap bulan dapat sembako sama uang 600 ribu ,ibuku yg lansia sekitar 70 lebih apapun tak dapat lagi

  • org tua sy sdh 70thn lbh hmpir 80thun
    . knp tdk bs dpt bntuan dr pemerintah?! sdh beberapa kali dftf tp tdk bsa jg. pdhl ortu sy sdh sakit2an sdgkn sy anakny seorg janda mmpunyai anak 4…bgmn nih alasan mereka wktu survei kermh katanya dirumah sy kursinya jatilh n mcm2 lh alasannya..pdhl itukn bkn alasan yg tepat…