Bulungan

Bupati Minta Pilkada tak Menjadikan Klaster Covid-19

Bupati Bulungan Sudjati, berharap sinergi bersama mengawal pilkada Bulungan yang aman dan lancar. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)
  • Ingatkan Protokol Kesehatan Menjadi Perhatian

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Meski masih di tengah pandemi Covid-19, pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tetap digelar. Tak terkecuali di Bulungan, yang saat ini sedang berjalan tahapan menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 mendatang.

Selain kesiapan melalui berbagai tahapan oleh penyelenggara yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), jajaran Pemkab Bulungan bersama instansi lain juga bersinergi untuk bersama mengawal dan menjaga keamanan, serta kondusifitas daerah selama pelaksanaan Pilkada ini.

Bupati Bulungan Sudjati mengatakan, pihaknya telah siap mengawal pelaksanaan Pilkada. Tentunya dengan bersinergi antara Pemkab Bulungan KPU, maupun dengan apparat keamanan. Meski tak spesifik, ia memastikan untuk seluruh stakeholder siap bersama-sama mensukseskan Pilkada di Bulungan. Baik menjelang pilkada, saat pelaksanaan, maupun pasca pelaksanaan pemilihan tersebut.

Di sisi lain, bupati kembali menegaskan agar penerapan protokol kesehatan terus disosialisasikan kepada masyarakat, agar dalam masa pendemi covid-19 berjalan sukses dalam segala hal. Terutama tidak menjadikan klaster penularan dalam pelaksanaan Pilkada.

“Sejauh ini Alhamdulillah masih aman. Kita tetap berharap kondisi keamanan Bulungan ini terus seperti ini sampai nanti pilkada selesai. Cuma memang wajib protokol kesehatan, kalau nanti saat pemungutan suara kan juga sudah diatur. Semoga tahapan yang berjalan saat ini juga demikian,” ujarnya.

Bupati berharap, terkait keamanan tidak hanya berharap kepada apparat keamanan. Semua pihak diminta bisa berperan. Sehingga, pelaksanaan pilkada nantinya bisa lancar. “Protokol kesehatan juga jadi perhatian yang utama. Sebab upaya percepatan pencegahan dan penanganan covid-19 Bulungan masih dilakukan,” kata Sudjati.

Berkaitan dengan anggaran, kata bupati, Pemkab Bulungan telah menyiapkan. Bahkan telah direalisasikan. Sehingga melalui KPU diharapkan bisa menyesuaikan kondisi dan keperluan untuk agenda pemilihan tersebut.

“Pastinya KPU bisa memaksimalkan anggaran yang sudah diberikan. Termasuk menyesuaikan kebutuhan di tengah pandemi covid-19 kali ini. Di antaranya untuk keperluan Alat Pelindung Diri (ADP). Harapan kita, pemilihan nantinya aman damai, dan semua tetap sehat,” katanya.

Bupati menyakini, Bulungan sudah siap melakukan tahapan hingga nantinya pelaksanaan Pilkada. Dengan tetap menerapkan SOP protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan covid-19. “Pastinya kita harus mengantisipasi kerawanan pelanggaran protokol Covid-19. Adanya euforia atau perasaan senang berlebihan dalam kegiatan Pilkada sangat rawan menimbulkan kerumunan atau keramaian massa. Yang itu kita hindari,” pungkasnya. (*)

Reporter: Nurjannah

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah