Politik

Bulungan Tak Siapkan Tambahan Anggaran

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19: Jaga kebersihan badan dan lingkungan Sering cuci tangan dengan sabun Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah Jaga jarak dan hindari kerumunan Patuhi imbauan pemerintah
  • Jika Pilbup di Tengah Covid-19 

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 hingga kini belum dipastikan, termasuk di antaranya Pemilihan Bupati (Pilbup) Bulungan. Meskipun berdasarkan Perppu nomor 2 tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang Perppu nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi UU, salah satu poinnya menyebutkan pelaksanaan pemilihan serentak akan dilaksanakan pada Desember 2020.

Tak dipungkiri, jika pemilihan kepala daerah dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi, tentunya ada banyak yang harus dipersiapkan dan disesuaikan. Terutama dalam hal penerapan protokol pencegahan Covid-19. Dan itu pastinya menambah beban anggaran pelaksanaan.

“Nah, kalau itu misalnya ada perlu anggaran, kita hanya bisa menyiapkan yang sudah disepakati dengan penyelenggaran, tidak bisa ada tambahan, itu sudah mentok. Artinya, sudah tidak bisa diapa-apakan lagi,” ujar Bupati Bulungan Sudjati,

Anggaran pelaksanaan pesta demokrasi itu sudah tidak bisa ditambah lagi, lanjutnya, sebab Anggaran Pendapatan Belajar Daerah (APBD) Bulungan juga telah ditandatangani.

Menurutnya, jika pilkada serentak itu dilaksanakan sesuai keputusan Perppu tersebut, pada Desember mendatang, angggaran sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) lalu, yakni sebesar Rp21,5 miliar.

“Kita mau dapat dari mana, ini belum bisa kita tambah lagi,” imbuhnya.

Meskipun nantinya, ada arahan dan petunjuk baru dari pusat untuk pelaksanaan pilkada ini dan penyiapan tambahan anggaran, Sudjati mengaku pihaknya sudah tidak bisa apa-apa lagi.

“Besaran anggaran untuk Pilkada kita sudah mentok, dan hingga saat ini anggaran yang kita sudah sepakati itu, tak ada diganggu dan belum ada digunakan untuk pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 ini. Masih tetap ada sesuai dengan nominalnya. Sehingga ketika nanti diperlukan bisa langsung digunakan, ya untuk pilkada,” ungkapnya.

Dananya tetap standby jika dilaksanakan tahun ini, jadi jika nanti sudah waktunya tinggal diserahkan kembali ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah