Headline

Bulungan Miliki Hak Paten Varietas Padi Sei Kayan

Bupati Bulungan Sudjati menerima langsung hak paten Varietas Padi Sei Kayan. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pemkab Bulungan terus mengembangkan produksi pangan lokal. Kali ini Bumi Tenguyun mendapatkan hak paten varietas lokal Bulungan berupa Padi Sei Kayan.

Hak paten itu dalam bentuk tanda daftar varietas yang diberikan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian RI.  Penyerahan hak paten dilakukan melalui perwakilan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan diterima Bupati Bulungan, Sudjati, Kamis (19/11/2020).

Sudjati menjelaskan, hak paten ini merupakan bagian dari langkah pengembangan produksi pangan lokal. Apalagi sejauh ini ia meyakini, selain produksi, Bulungan juga memaksimalkan pengelolaan dan pengembangan kawasan pertanian yang potensial.

“Ya pastinya kita dapat hak paten itu. Itu asli lokal di kita Bulungan,” ujarnya, Jumat (20/11/2020)

Pemberian hak paten tersebut akan menambah semangat para petani di Bulungan. “Padi Sei Kayan ini merupakan padi jenis unggulan yang sedang dikembangkan di wilayah Bulungan,” jelasnya.

Seperti diketahui, pengembangan pertanian merupakan visi Bupati dan Wakil Bupati Bulungan 2016 – 2021. Sudjati berharap, Dinas Pertanian Bulungan terus memperhatikan pembangunan pertanian dan pangan untuk menjadikan Kabupaten Bulungan sebagai lumbung pangan di wilayah Provinsi Kalimantan Utara. Daerah ini juga menjadi salah satu daerah penyangga pangan bagi Ibukota Negara di Kaltim.

Varietas unggulan diharap terus dijaga keberlangsungannya. “Dalam dua bulan ke depan, masa kepemimpinan saya akan berakhir. Saya berharap, permasalahan pangan di Bulungan dapat terus diperhatikan,” ucap Sudjati.

Beberapa komoditas pangan saat ini sedang dikembangkan di Bulungan. Baik padi dengan kualitas unggulan, jenis pangan lainnya juga diupayakan menjadi primadona daerah. Seperti cabe, lada dan beberapa jenis sayuran lainnya.

“Lahan kita masih potensial, tinggal kita kembangkan. Semoga ini terus bisa dilanjutkan,” tandasnya berharap. (*)

Reporter: Nurjannah

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah