Hukum Kriminal

Bobol Konter, Residivis Kembali Tertangkap

Foto: Ilustrasi/Internet

TARAKAN, Koran Kaltara – Pelaku pencurian di salah satu konter yang ada di Jalan Diponegoro, tertangkap Unit Jahtanras Sat Reskrim Polres Tarakan di rumahnya, di Jalan Sebengkok sehari setelah melakukan pencurian.

Tidak tanggung-tanggung, pelaku berinisial KM (41) nyaris membawa kabur seluruh isi konter Efata Cell milik Albert.

Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira melalui Kasat Reskrim Iptu Muhammad Aldi menuturkan, KM mencuri pada Jumat (4/9/2020) pekan lalu.

Saat hendak melakukan pencurian, KM memastikan kondisi jalan sedang sepi dan aksinya tidak diketahui warga sekitar.

“Waktu jalan-jalan di sekitar Jalan Sebengkok sekira pukul 02.00 dini hari, KM melihat kondisi konter ini kosong. Pas ada kesempatan, KM langsung memanjat pagar di samping konter,” ujarnya, dikonfirmasi Senin (7/9/2020).

Setelah berada di samping counter, KM memanjat lagi dan masuk ke dalam konter dengan membobol pintu plafon. KM pun langsung beraksi mengambil barang yang ada di dalam konter.

Pengakuan KM, barang yang dibawanya kabur diantaranya 4 buah charger merk OPPO, 2 buah charger Vivo, 5 buah tripod, 5 buah tongsis, 2 buah lazypod, 1 buah speaker, 1 laptop beserta chargernya, kipas angin dan puluhan kartu perdana dari berbagai operator.

Pemilik mengaku baru menyadari sudah menjadi korban pencurian, setelah paginya hendak membuka konternya.
Korban memperkirakan kerugian yang dideritanya mencapai Rp38.720.000.

“Setelah lapor polisi, korban melihat ada orang memposting kartu perdana dengan nomor yang sama seperti miliknya yang hilang. Kita telusuri dan ternyata pelakunya KM,” katanya.

Polisi langsung melakukan penangkapan KM di rumahnya, Jumat Sabtu (6/9/2020).

Pengakuan KM memanfaatkan tangga lipat yang ada di dalam konter untuk kembali memanjat plafon dan keluar lewat pagar samping konter.

Diketahui, KM ini sebelumnya pernah berurusan dengan polisi dengan kasus yang sama. Setelah keluar penjara, KM bekerja sebagai tukang angkut sampah di kawasan Kelurahan Sebengkok.

Namun karena perbuatannya, KM kembali masuk penjara untuk kasus pencurian. Ia pun disangkakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana minimal 5 tahun penjara.

“Pelaku ini residivis. Ada barang hasil curian yang sudah dijualnya. Kami sedang melakukan pencarian barang tersebut,” tandasnya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah