Tarakan

BNNP Kaltara Musnahkan 2,8 Kilogram Sabu

Dua tersangka kasus sabu dimusnahkan oleh BNNP. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Utara memusnahkan barang bukti narkotika golongan I jenis sabu-sabu, Kamis (24/9/2020). Barang bukti sabu yang dicairkan tersebut hasil pengungkapan kasus pada tanggal 17 Juli 2020 di Bandara Juwata Tarakan.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Henry P Simanjuntak mengungkapkan, sabu-sabu yang dimusnakan sebanyak 2.895,9 gram atau  3 kilogram dalam bentuk cairan yang dikemas dalam botol air mineral ukuran 1,5 liter.

“Kita tidak hitung berat sabu-sabunya karena dalam bentuk cair. Tapi ini bukan jenis produk baru akan tetapi sebelumnya sabu bentuk kristal kemudian dicairkan dengan modus untuk mengelabui petugas,” ungkapnya.

Henry mengatakan, ini adalah modus baru dan baru pertama kali dilakukan di Kaltara. Segala upaya modus dilakukan untuk meloloskan peredaran sabu-sabu.

Dari kasus tersebut BNNP Katara telah melakukan pengembangan dan penyidikan. Petugas berhasil mengamankan AA, teman berangkat FS (almarhum) dan SM yang mengantar tersangka ke bandara.

Kepala Bandara Internasional Juwata Tarakan, Agus Priyanto menambahkan, pengungkapan sabu tersebut terjadi pada tanggal 17 Juli 2020.

Saat iti petugas Avsec mencurigai barang bawaan salah satu penumpang pesawat Lion Air tujuan Makassar.

“Petugas Avsec di SCP pertama menanyakan kepada salah satu penumpang inisial FS barang tersebut dan dia mengaku barang tersebut adalah air biasa. Kemudian dia meminumnya untuk meyakinkan petugas,” terangnya.

Setelah check in dan dilakukan pemeriksaan kembali di pintu SCP 2 ruang tunggu, hal yang sama ditanyakan petugas Avsec. Namun belum sempat dijawab, FS mengalami kejang-kejang dan saat dilakukan pertolongan langsung meninggal di tempat.

BACA JUGA: Tewas Usai Minum Sabu Cair di Bandara Juwata

Karena diketahui dalam tutup botol terdapat butiran-butiran kristal, pihak Bandara Juwata Tarakan langsung berkoordinasi dengan BNNP Kaltara.

Selanjutnya bersama tim Labkesda Tarakan melakukan pemeriksaan dan terbukti air tersebut mengandung narkotika. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah