Tarakan

BLT Tenaga Kerja Tahap Kedua Dicairkan November

Deni Syamsu Rakhmanto

TARAKAN, Koran Kaltara – Tahap pertama penyaluran bantuan langsung tunai untuk pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sudah selesai pada tanggal 12 Oktober 2020. Sesuai rencana penyaluran tahap kedua akan dilakukan kembali pada awal November 2020.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tarakan, Deni Syamsu Rakhmanto menjelaskan, BLT tenaga kerja periode pertama sudah ditransfer ke penerima dan terakhir dilakukan transfer yakni pada tanggal 12 Oktober.

“Memang ada sedikit molor karena proses administrasi dan verifikasi dari kementerian keuangan. Kemudian proses transfer dari perbankan membutuhkan waktu tidak bisa cepat karena jumlahnya berjuta karyawan,” jelasnya, Sabtu (17/10/2020).

Ia mengatakan, untuk tahap kedua yang sebelumnya dijadwalkan pada bulan Oktober karena ada keterlambatan di tahap pertama, maka tahap kedua akan dilakukan di awal November sampai Desember.

“Dari informasi terakhir dari BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Keuangan tahap kedua akan ditransfer bulan November sebesar Rp1,2 juta (per orang), transfer akan dilakukan secara bertahap,” tuturnya.

Sampai saat ini BPJS Ketenagakerjaan Tarakan belum mendapatkan data dari pusat jumlah pekerja yang sudah mendapatkan bantuan tahap pertama. Data penerima manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan di Kaltara yang diusulkan berjumlah 48.990 pekerja.

“Ini data sudah fix pekerja maupun non ASN yang di kami (BPJS Ketenagakerjaan), tidak ada lagi penambahan,” tegasnya.

Deni Syamsu menambahkan, dari informasi ada wacana jika pandemi Covid-19 masih berlanjut sampai awal tahun depan, kemungkinan akan dianggarkan kembali dan program ini terus berlanjut.

“Kita masih menunggu, yang jelas BLT ini diharapkan bermanfaat bagi pekerja untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumsi. Kita juga mendapat laporan bahwa pekerja juga terbantu dengan Rp600 ribu sebulan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah