Pendidikan

BLT Mahasiswa Pemprov Segera Cair

Unikaltar - Tampak salah satu universitas di Kaltara. (Foto : Agung/Koran Kaltara)
  • Penerima Bantuan Mencapai 793 Orang

 TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Provinsi (Setprov) Kalimantan Utara, Usdiansyah, memastikan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk mahasiswa berlangsung dalam waktu dekat ini. Pencairan tinggal menunggu penandatanganan oleh Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie.

“Untuk BLT Mahasiswa segera itu cairnya. Siang ini (kemarin) sudah dijadwalkan untuk ditandatangani Pak Gubernur. Setelah itu, langsung kita tahap  transfer,” kata Usdiansyah saat dihubungi Koran Kaltara, Senin (13/7/2020).

Lebih detail, Usdiansyah menargetkan BLT masuk ke rekening penerima pada pekan ini. “Kalau sudah ditandatangani, proses transfernya harus kita kirim lagi melalui BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah). Dua tiga hari sepertinya sudah bisa diterima,” jelas pria yang sebelumnya menjabat Kabiro Perekonomian tersebut.

Terkait total nominal bantuan, dikatakan Usdiansyah sebesar Rp475,8 juta untuk 793 orang. Setiap penerima akan mendapatkan Rp600 ribu.

“Bantuannya untuk per orang ini Rp600 ribu. Dikali 793 orang jadi totalnya Rp475,8 juta,” ujar Usdiansyah.

Dengan bantuan tersebut, diharapkan dia bisa membantu mahasiswa memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Dengan begitu, tidak terlalu membebani orang tua mereka. Terlebih dalam pandemi covid-19 saat ini.

“Harapannya dengan bantuan ini bisa menolong meringankan beban dari mahasiswa. Artinya bermanfaatlah. Walaupun nilainya memang tidak terlalu besar,” kata Usdiansyah.

Sebelumnya, salah satu penerima bantuan yang enggan disebutkan namanya, menghubungi Koran Kaltara perihal pencairan yang dinilai tergolong lama. “Sudah ada satu bulan mau dua bulan kami diminta mengumpulkan berkas. Tapi sampai sekarang masih belum juga,” ujarnya.

Lanjut dirinya, beberapa rekan sesama penerima bantuan sempat dua kali mengkonfirmasi waktu pencairan. Terakhir pada pekan kemarin disampaikan bisa berlangsung dalam waktu dekat ini.

“Terakhir minggu kemarin kami tanya lagi di grup WA (Whatsapp), bilang koordinatornya semoga dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Secara umum, dirinya bersama penerima bantuan lainnya berharap BLT bisa segera diterima. Sehingga dapat meringankan beban mereka. Terutama mahasiswa yang berasal dari luar daerah. “Semoga bisa benar diberikannya dalam waktu dekat ini,” harapnya.

Adapun dari informasi yang Koran Kaltara himpun, calon penerima BLT mahasiswa harus mengumpulkan berkas yang berisikan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Surat Keterangan Aktif Kuliah, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan beberapa dokumen lainnya. Peruntukan BLT mahasiswa juga diprioritaskan untuk mahasiswa yang berasal dari luar daerah tempat ia berkuliah. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah