Kaltara

BLT Mahasiswa Pemprov Kaltara Sudah Cair

Usdiansyah

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Kalimantan Utara, Usdiansyah menyampaikan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk mahasiswa sudah tersalurkan seluruhnya.

Dikatakan Usdiansyah, total nilai BLT yang diberikan sebesar Rp475,8 juta untuk 793 orang. Setiap penerima yang memenuhi kriteria, akan mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu.

“Bantuannya untuk per orang ini Rp600 ribu. Dikali 793 orang jadi totalnya Rp475,8 juta. Ini sudah dikirim semua ke nomor rekening mereka,” kata Usdiansyah saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Kamis (6/8/2020).

Usdiansyah tidak menampik jika penyaluran sempat mengalami kendala. Terutama karena penerima bantuan salah memasukkan nomor rekening hingga nomor rekening yang tidak aktif. “Kemarin sempat terhambat karena ada nomor rekening yang tidak aktif atau salah menulisnya. Tapi langsung dikonfirmasi ke yang bersangkutan,” ujar Usdiansyah.

Dengan bantuan tersebut, diharapkan dia bisa membantu mahasiswa memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Sehingga tidak terlalu membebani orang tua mereka. Terlebih dalam pandemi covid-19 saat ini.

“Harapannya dengan bantuan ini bisa menolong meringankan beban dari mahasiswa. Artinya bermanfaatlah. Walaupun nilainya memang tidak terlalu besar,” paparnya.

Sebelumnya, untuk diketahui bersama, BLT hanya diberikan bagi mahasiswa yang kurang mampu. Untuk mahasiswa, verifikasi berkas dengan melihat status orang tuanya.

“Mahasiswa yang mendapatkan bantuan ini juga sebelumnya dipastikan masih berada di tempat menempuh pendidikan pada masa pandemi,” jelasnya.

Lebih detail, tim verifikasi meminta mahasiswa menunjukkan bukti keberadaan fisik mereka di tempat menempuh pendidikan. Kemudian untuk kondisi ekonomi, dikonfirmasi melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

“Salah satu dasar verifikasi dengan membuktikan melalui sharelock live. Demikian juga, kami mengkonfirmasi ke Disdukcapil untuk memastikan kondisi masing-masing mahasiwa melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah

About the author

Avatar

Koran Kaltara

3 Comments

Click here to post a comment

  • Mohon maaf para pejabat dan pemprov kaltara.
    Yuk mari kita sama-sama saling membantu dan mendukung.
    Kita mendukung kerja kalian, kalian membantu kita dengan transparansi data-data yang diperlukan dari pemprov.
    Dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Yuk semboyan itu jangan dilupakan.
    Kita mahasiswa mahasiswi juga butuh bantuan pemerintah, kita sudah mencoba bersabar hampir 3/4 bulan ini. Cuma minta kepastian dan transparansi data saja.
    Jika kita bertanya, tolong dijawab ya.
    Semoga kaltara tidak menjadi provinsi yang terbelakang dan semoga kaltara lebih maju dan maju lagi.

    • Salam koran kaltara, ada 2 mahasiswa kaltara yg kuliah di Kota Balikpapan tetap cuma 1 org yg terkonfirmasi menerima bantuan padahal 2 org tersebut sudah lulus verifikasi data.
      Terima kasih

  • Salam KORAN KALTARA.
    Sekedar pemberitahuan.
    Ada 74 mahasiswa KALTARA yang menempuh pendidikan di kota Jakarta yang telah lulus verifikasi data. Ada sekitar 50 mahasiswa yang belum mendapat bantuan, hanya 24 yang sudah mengkonfirmasi sudah menerima bantuan.
    Salam bahagia.