Kaltara

Binda Kaltara Lakukan Serbuan Vaksinasi di Tapal Batas

Vaksinasi warga Sebatik yang dilakukan oleh Binda Kaltara. (IST)

TARAKAN, Koran Kaltara – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Utara melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 di tapal batas.

Sebatik, Kabupaten Nunukan menjadi sasaran karena menjadi pintu gerbang keluar masuknya arus manusia maupun barang di wilayah perbatasan.

Dengan adanya serbuan vaksinasi ini, diharapkan herd immunity bisa terbentuk sehingga masyarakat Sebatik kuat dalam menghadapi virus.

Selain masyarakat umum, kegiatan ini juga diikuti oleh pelajar yang menyerbu lokasi vaksinasi.

“Kita melaksanakan vaksinasi di pulau Sebatik karena wilayah ini merupakan kepulauan yang menjadi perbatasan secara langsung dengan negara Malaysia.  Tujuannya meminimalisir penyebaran Covid-19 yang terbawa oleh pelaku perjalanan. Baik arus manusia yang berasal dari Tawau Malaysia maupun yang dari Indonesia hendak pergi ke negara tetangga,” terang Koordinator Pelaksana Roy Anung, Kamis (25/11/2021).

Dalam waktu dekat, Malaysia juga akan membuka lock down yang diperkirakan akan meningkatkan aktivitas transportasi antar dua negara, terutama yang menggunakan kapal cepat.

Dengan kekebalan yang didapat dari vaksinasi, diharapkan tidak akan terjadi ledakan kasus dan munculnya Covid-19 varian baru, yang saat ini terdeteksi di Malaysia dengan sebutan Delta Plus.

“Kita memiliki inisiatif untuk melakukan serbuan vaksinasi ini. Bukan hanya menjaga kesehatan masyarakat, kita juga menciptakan perekonomian yang stabil karena masyarakat yang sehat dapat menjalankan roda perekonomian dengan baik. Oleh karena itu, capaian vaksinasi harus dikejar,” ungkapnya.

Untuk dosis, Binda Kaltara tidak menarget, berapapun kebutuhan akan dicukupi, baik dosis pertama maupun kedua.

Kegiatan ini juga melibatkan Pemerintah Kabupaten Nunukan, Dinas Kesehatan, dan pihak terkait lainnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat. Mereka merasa diperhatikan dengan adanya vaksinasi ini sehingga tidak was-was lagi saat melakukan aktivitas.

“Saya pribadi berterima kasih kepada Binda Kaltara atas program ini. Dengan adanya vaksinasi harapan saya masyarakat memiliki kekebalan tubuh terhadap Covid-19. Selain itu, warga yang belum divaksin akan mendapatkan vaksinasi sehingga seluruh warga akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19,” kata warga setempqt, Dedy Utama.

Salah satu pelajar Sebatik, yang ikut kegiatan ini, Vina mengatakan, bahwa dirinya bersama beberapa temannya datang ke lokasi vaksinasi untuk mengikuti suntikan dosis kedua agar bisa mengikuti sekolah secara Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Supaya bisa ikut PTM dengan tenang dan nyama. Ke sini bersama beberapa teman. Kalau saat disuntik ya sakit tetapi sebentar saja, habis itu tidak terasa dan biasa saja. Harapan bisa sehat, bisa sekolah, dan melakukan aktivitas lainya,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Didik

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment