Kaltara

Bertambah, PDP Terbanyak ada di Bulungan

Agust Suwandy

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kasus Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kalimantan Utara (Kaltara) secara umum cenderung menurun. Dari jumlah akumulasi kasus di Kaltara sebanyak 165 hingga Senin (1/6/2020), sebanyak 80 orang telah dinyatakan sembuh dan tersisa 83 pasien yang masih menjalani perawatan. Sedangkan angka kematian akibat virus asal Wuhan, China ini, dinilai cukup rendah yakni hanya dua orang saja.

Meski demikian, jumlah orang yang sedang dipantau oleh tim gugus tugas masih cukup banyak. Sesuai data yang dipublis (31/5/2020) malam, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih dipantau sebanyak 745 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 305.

Tidak hanya itu, termasuk dari kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang menjalani proses karantina juga ada penambahan beberapa orang. Yakni sebanyak 51 orang yang terbagi di berbagai daerah, dan terbanyak di Bulungan dengan 31 kasus. “Kalau Bulungan dari hasil rapid tes (tes cepat) yang dinyatakan reaktif,” kata Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy, kemarin.

Lanjut Agust, indikator itu lah yang menyebabkan PDP di Bulungan lebih banyak dibanding daerah lain. Selain Bulungan, daerah yang juga masih cukup banyak PDP-nya yakni, Malinau dengan 11 kasus. Adapun daerah lain yaitu Nunukan 5 kasus, Tarakan 3 kasus dan Tana Tidung 1 kasus.

Menindaklanjuti hal itu, tim gugus tugas juga melakukan pengambilan sampel terhadap para PDP tersebut. Khususnya yang disebut reaktif berdasarkan rapid test juga diambil spesimen untuk memastikan apakah yang bersangkutan terinfeksi virus corona atau tidak. Bahkan, sejauh ini masih ada ratusan sampel yang menunggu hasil pemeriksaan laboratorium di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah