Kaltara

Bendera Raksasa Terbentang di Gunung Yuvai Semaring

Semangat Nasionalisme – Tampak bendera raksasa yang terbentang di Gunung Yuvai Semaring – Krayan – Kabupaten Nunukan, Selasa (11/8/2020). (Istimewa)

, Koran Kaltara – Bendera merah putih berukuran besar dibentangkan pada puncak Gunung Yuvai Semaring, Kecamatan Krayan – Kabupaten Nunukan.

Berada di atas ketinggian 1.130 meter di atas permukaan laut, bentangan merah putih menjadi salah satu penyemarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Negara Kesatuan Republik Indonesia ke 75 tahun pada 17 Agustus besok.

Camat Krayan, Heberly menyampaikan, bendera merah putih yang dibentangkan memiliki ukuran 120 meter persegi. Atau dengan panjang 12 meter dan lebar 10 meter. Selain itu, ada puluhan bendera merah putih yang juga dikibarkan pada puncak gunung.

“Hari  ini (kemarin), kita ada pembentangan bendera raksasa di puncak Gunung Yuvai Semaring pada  ketinggian 1.130 meter di atas permukaan laut. Bendera ini ukurannya 12 meter x 10 meter,” kata Heberly kepada Koran Kaltara, Senin (11/8/2020).

Lanjut dia, pembentangan melibatkan unsur dari ASN, TNI, Polri, pemerintahan desa dan juga masyarakat. Kendati medan pegunungan cukup tinggi dan curam, namun seluruh proses berjalan dengan lancar.

“Daerahnya memang cukup tinggi dan curam juga. Hampir 90 derajat lah,” ungkapnya.

Menurut Heberly, pembentangan bendera raksasa ini memiliki semangat dan rasa cinta sebagai warga Indonesia. Meski berada jauh dari pusat pemerintahan, masyarakat di Krayan tetap bangga dan cinta NKRI.

“Semangat kita ini sebagai rasa bangga menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini juga sebagai bentuk nasionalisme di perbatasan. Meski sekarang di tengah kesulitan, kita tetap bangga dan cinta NKRI,” tegasnya.

Di samping itu, acara tersebut juga sarana promosi Gunung Yuvai Semaring sebagai salah satu obyek wisata Krayan.

“Selain salah satu wujud nasionalisme, pembentangan di sana karena Gunung Yuvai Semaring ini juga ikon Krayan. Jadi ya tujuan kita untuk memperkenalkannya sebagai tempat wisata. Khususnya wisata pendakian,” pungkasnya.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah