Headline

Belum ada Daerah yang Berstatus Zona Hijau

Tampak pintu masuk jalur darat ke Malinau masih dijaga ketat oleh tim satgas. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Penentuan Zona Covid-19 Masih Bersifat Dinamis

TANJUNG SELOR,Koran Kaltara – Kurva kasus Coronavirus Disease (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) masih naik-turun. Sempat mengalami penurunan drastis, kemudian kembali naik setelah munculnya kasus baru di Kluster Perusahaan, di Malinau. Berdasarkan data terakhir yang disampaikan tim satuan tugas di Kaltara, akumulasi positif mencapai 294 kasus.

Dari ratusan kasus itu, sebanyak 265 orang yang sembuh dan 2 meninggal dunia, sehingga 27 pasien masih menjalani perawatan. Paling banyak masih dirawat di Malinau dengan jumlah 20 pasien. Kemudian menyusul Bulungan empat pasien dan Nunukan tiga pasien. Adapun untuk dua daerah, yakni Tarakan dan Tana Tidung sejauh ini sembuh 100 persen sehingga tidak ada lagi yang jalani perawatan.

Hanya saja, dari dua daerah dengan nol pasien dirawat, belum ada yang dinyatakan zona hijau. Pasalnya, dikatakan zona hijau ketika sudah empat pekan tidak ada kasus setelah 100 persen kesembuhan.

“Sempat Nunukan (zona) hijau selama satu minggu, sebelum ditemukan kembali kasus baru. Jadi zona ini sifatnya dinamis. Sekarang tidak ada lagi (zona hijau). Ini menurut versi dengan indikator kesehatan masyarakat (epidemiologi, surveilans dan pelayanan kesehatan). Tetapi ada versi-versi lain yang melihat zona dari jumlah kasus dan tingkat kesembuhan saja,” ungkap Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, Jumat (7/8/2020).

Adapun analisa terkait penentuan zona dihitung per dua pekan. Untuk itu, pihaknya belum bisa membeberkan daerah-daerah soal status zonanya masing-masing.

“Mungkin hari Senin nanti bisa dianalisa ulang. Karena penentuan zona itu per dua minggu. Kalau zona hijau, jika dalam empat minggu tidak ada penambahan kasus dan sekarang dalam kondisi sudah zero (nol pasien yang dirawat),” ujarnya.

Disinggung soal potensi terpaparnya virus corona di Kaltara, Agust mengemukakan bahwa saat ini kondisinya juga masih dinamis. Termasuk kluster yang kemungkinan muncul, bisa dari transmisi lokal, impor dari daerah lain atau perjalanan dari luar Kaltara. “Masih imbang saja (potensi paparan transmisi lokal atau dari luar),” ujarnya melalui WhatsApp.

Adapun dengan kebijakan adaptasi kehidupan baru, pemerintah daerah masing-masing mengikuti arahan dari pusat. Meski ada beberapa sektor yang dilonggarkan, namun protokol kesehatan covid-19 tetap harus dijalankan. Termasuk pemberlakuan rapid test dalam moda transportasi ke beberapa wilayah juga masih ada yang menerapkannya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah