Tana Tidung

Belajar Online, Bekerja Terapkan 50 Persen WFH

Kegiatan belajar tatap muka salah satu sekolah di Tana Tidung belum lama ini. (Foto: Hanifah)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 Covid-19 dengan mengeluarkan edaran instruksi Bupati Tana Tidung bernomor 084/BPBD/VII/2021 tertanggal 29 Juli 2021.

Pengaturan tentang belajar dan bekerja selama PPKM dicantumkan. Pada edaran disebutkan, agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau online.

Sementara untuk pelaksanaan kegiatan di tempat kerja atau perkantoran dilakukan 50 persen dengan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

“Untuk yang bekerja di kantor tentunya menerapkan protokol kesehatan (prokes) lebih ketat supaya kegiatan tetap berjalan dengan baik,” urai Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali.

Sedangkan aturan mengenai pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial, seperti kesehatan, bahan pangan, minuman, energy, logistik, perhotelan atau tempat yang setiap harinya menyediakan kebutuhan pokok masyarakat, seperti pasar dan toko, tetap beroperasi 100 persen dengan pengaturan jam operasional dan pengawasan ketat aturan prokes.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Jafar Sidik membenarkan, bahwa dengan adanya penerapan PPKM level 3 membuat pembelajaran tatap muka (PTM) tidak dapat dilakukan, sehingga dilakukan secara daring.

“Dilaksanakan pengetatan aktivitas dan edukasi dengan prinsip bahwa Covid-19 paling menular pada kondisi tertutup seperti kelas. Apalagi pertemuan panjang lebih dari 15 menit,” ujarnya.

Dia mengimbau seluruh orangtua dan siswa harap memaklumi dan dapat mendukung upaya yang dilakukan pemerintah supaya penyebaran dan penanggulangan Covid-19 di KTT dapat dilakukan seoptimal mungkin.

Dia menyarankan jika harus berkegiatan di luar rumah sebaiknya menggunakan masker dengan benar dan konsisten.

Kemudian, menerapkan 5M, yakni mencuci tangan, menghindari kontak fisik, menjaga jarak, menggunakan masker dan mengurangi mobilitas. (*)

TOPIK TERKAIT:

Bupati Salurkan Bantuan Beras dan BST

BACA JUGA:

Pembelajaran Tatap Muka di KTT Ditunda Lagi

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari