Kaltara

Bebaskan Kaltara dari Preman, Patroli Keliling Ditingkatkan

JANGAN TAKUT - Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit meminta agar masyarakat tidak takut terhadap kejahatan premanisme. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
  • Kapolda Minta Masyarakat Tidak Takut

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit menegaskan, pihaknya tak akan memberikan ruang bagi kelompok-kelompok yang melakukan aksi premanisme. Apalagi  yang mencoba membuat kekacauan.

Sesuai dengan perintah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, seluruh aparat Korps Bhayangkara di Kaltara intens melakukan patroli keliling demi mencegah adanya tindak kejahatan premanisme. “Kita ada tiga langkah untuk mencegah tindakan premanisme ini. Yang pertama upaya pre-entif, dengan memberikan imbauan dan edukasi. Kedua kegiatan patroli keliling. Semenjak ada perintah dari Kapolri, patroli keliling kita tingkatkan. Dan terakhir itu, penindakan. Kalau memang ada (kejahatan premanisme), kita langsung tidak. Tapi prinsipnya, kita lebih mencegah daripada memadamkan,” kata Kapolda saat diwawancara awak media, Rabu (1/7/2020).

Kapolda juga telah mengingatkan kepada jajarannya, jika polisi tak boleh membiarkan tindak kejahatan premanisme terjadi. Apalagi sampai kepolisian yang seyogianya sebagai pelindung masyarakat, malah takut dengan oknum-oknum preman tersebut.

Namun Ia mengakui, untuk tindak premanisme di Kaltara ini tidak separah yang terjadi di daerah-daerah besar. Sehingga kejadian tindak pidana premanisme tidak terlalu mencolok.

“Kalau di Kaltara ini kan untuk masalah premanisme nggak terlalu mengkhawatirkan lah. Tapi kalau ada ya pasti kita tindak. Prinsipnya Polri jangan takut dan jangan juga kita ditakutin sama premanisme. Saya sudah perintahkan ke anggota saya (termasuk Polres jajaran),” ujarnya.

Indrajit menekankan, polisi tidak akan memberikan ruang bagi pelaku kejahatan ataupun premanisme. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak malas melaporkan aksi premanisme. Jika berkaca pada kejadian-kejadian di daerah lain, pemberantasan preman menjadi sulit karena minimnya laporan dari masyarakat.

Pemicu minimnya laporan adalah masyarakat yang tidak ingin repot melaporkan aksi aksi kejahatan yang dilakukan oleh preman kepada pihak kepolisian. “Saya minta, jangan takut untuk melapor. Kalau menjadi korban (tindak kejahatan premanisme) langsung laporkan. Kita juga berkomitmen Kaltara wajib ‘zero (0) premanisme’. Kalau memang masih ada yang coba-coba kita sikat,” kata Kapolda. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah