Pendidikan

Beasiswa “Kaltara Cerdas”  Disalurkan 19 Desember

Ketua Dewan Pendidikan Kaltara, Herwansyah
TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kabar baik bagi para mahasiswa yang sudah  mengajukan beasiswa kepada Pemerintah Provinsi Kaltara. Beasiswa “Kaltara Cerdas" bakal disalurkan pada 19 Desember mendatang. Dewan Pendidikan Provinsi Kaltara menargetkan penyaluran dana bantuan pendidikan itu bisa rampung dalam waktu sepekan. Ketua Dewan Pendidikan Kaltara Herwansyah mengatakan, beasiswa "Kaltara Cerdas" bakal dirilis bertepatan dengan…

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kabar baik bagi para mahasiswa yang sudah  mengajukan beasiswa kepada Pemerintah Provinsi Kaltara. Beasiswa “Kaltara Cerdas” bakal disalurkan pada 19 Desember mendatang.

Dewan Pendidikan Provinsi Kaltara menargetkan penyaluran dana bantuan pendidikan itu bisa rampung dalam waktu sepekan. Ketua Dewan Pendidikan Kaltara Herwansyah mengatakan, beasiswa “Kaltara Cerdas” bakal dirilis bertepatan dengan Hari Nusantara yang jatuh pada tanggal 19 Desember mendatang.

“Kaltara Cerdas akan dilaunching tanggal 19 Desember bertepatan dengan Hari Nusantara. Ini kesepakatan kita dengan Pak Gubernur kemarin,” ujarnya, Minggu (16/12/2018).

Setelah dirilis, selama tiga hari tim verifikasi dari internal Dewan Pendidikan, kata Herwan, bakal melakukan pengecekan ke setiap kampus yang mahasiswanya terdaftar sebagai penerima beasiswa “Kaltara Cerdas”. Tujuannya, untuk memastikan jika mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut benar-benar mahasiswa aktif.

“Setelah kita launching tim kami sudah bergerak untuk monitoring ke kampus-kampus untuk memastikan yang menerima tidak bermasalah di kampusnya. Kami sudah menemukan seperti di Makassar. Setelah mereka memohon, administrasinya lolos, nilainya lolos, oleh kampusnya diberikan rekomendasi. Tapi ternyata yang bersangkutan sudah tidak kuliah,” kata dia.

Herwan menyatakan,  dana yang ada juga bakal secara bertahap disalurkan kepada mereka yang sudah terverifikasi tidak bermasalah dan berhak menerima beasiswa itu. Dia pun menargetkan, penyaluran dana tersebut bisa rampung dalam waktu sepekan.

“Kita langsung transfer dan kita usahakan satu minggu selesai,” urainya.

Lebih jauh Herwan mengatakan, hingga saat ini, jumlah pemohon beasiswa “Kaltara Cerdas” sebanyak 4.862 orang. Setelah tim verifikasi Dewan Pendidikan melakukan seleksi berkas, yang lolos hanya sekitar 4.412 orang.

“Setelah seleksi lagi, besok baru akan kita keluarkan semua data pastinya yang lolos itu berapa,” sebutnya.

Ditambahkan Herwan, apabila selama proses verifikasi setelah rilis masih banyak didapati mahasiswa yang bermasalah atau sudah tidak aktif kuliah lagi, maka anggaran yang sudah dialokasikan sebelumnya terpaksa harus ditarik kembali.

“Kita ambil, kembalikan ke negara,” tegasnya.

Herwan berharap, proses penyaluran beasiswa “Kaltara Cerdas” bisa rampung tepat waktu dan sesuai orientasi pemberian bantuan pendidikan tersebut. Di mana bantuan pendidikan yang dialokasikan melalui APBD itu secara khusus diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

“Kita harap semua berjalan sesuai dengan niat kita di awal. Beasiswa ini untuk mereka yang berprestasi dan kurang mampu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Dicky Umacina

Editor: Edy Nugroho

Artikel ini juga terbit di versi cetak Koran Kaltara edisi 17 Desember 2018