Ekonomi Bisnis

Bea Cukai Dorong Produk Domestik Go International dengan KITE-IKM

Salah satu kegiatan produksi UMKM di Tarakan. (Foto: Sahida)

TARAKAN, Koran Kaltara – Masih minimnya produk lokal di Kaltara yang bisa go international membuat Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC) B Tarakan membuat inovasi.

Sebagai langkah dan upaya untuk mendorong produk domestik lebih dikenal dan bisa masuk ke pasar internasional.

KPPBC Tarakan, kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Romi Haryo Julianto sudah memfasilitasi melalui Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) untuk Industri Kecil dan Menegah (IKM) yang ditujukkan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kemudahan yang kita berikan kepada pelaku UMKM melalui KITE-IKM sudah disosilisasikan sejak tahun 2018 di sejumlah wilayah kerja KPPBC B Tarakan,” ujarnya.

Namun, diakuinya ada hal yang menjadi kendala pelaku UMKM untuk mengikuti KITE-IKM ini, di antaranya, aturan yang mewajibkan para pelaku UMKM harus berbadan usaha.

Namun, ia memperkirakan masalah ini bisa diatasi, karena rata-rata UMKM di Tarakan dan Kaltara berada dalam sebuah koperasi yang masuk dalam salah satu jenis badan usaha.

KITE-IKM ini, jelas Romi merupakan kebijakan yang diberikan Bea Cukai berupa insentif fiskal dan kemudahan prosedural untuk impor bahan baku oleh IKM.

Nantinya, bisa menjadikan biaya produksi atas barang jadi yang diekspor dapat ditekan menjadi lebih rendah.

“Selanjutnya, nanti para pelaku UMKM bisa melakukan impor barang tanpa dikenakan biaya termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN), asalkan barang itu nantinya diekspor kembali,” jelasnya.

Ia pun menyebutkan, IKM yang dijalankan oleh para pelaku UMKM ini dinilai memiliki peranan penting dalam mendorong perekonomian suatu negara secara menyeluruh.

Jadi, tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian nasional, IKM juga mampu menjadi sumber penghidupan dan pembangunan masyarakat.

“Terutama dalam industri yang lebih menonjolkan aspek-aspek ekonomi seperti kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, dan pembangunan ekonomi di suatu wilayah,” katanya.

Romi memastikan, Bea Cukai Tarakan siap memberikan pelayanan konsultasi pelaku UMKM yang memiliki IKM untuk ikut mengembangkan usahanya dengan mengikuti KITE IKM.

“Jadi, pelaku usaha bisa mengembangkan pasar produknya keluar negeri. Dalam hal penerapan KITE-IKM ini, kami selalu melakukan koordinasi dengan instansi terkait di Tarakan,” tandasnya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Rifat Munisa

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah