Politik

Bawaslu Tarakan Limpahkan Kasus Dugaan Politik Uang ke Penyidik

Zulfauzi Hasly

TARAKAN, Koran Kaltara – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tarakan melimpahkan kasus temuan dugaan pelanggaran pemilu ke penyidik Polres Tarakan. Hal itu berdasarkan nomor temuan 03/TM/PG/Kota/24.01/x/2020 dan berdasarkan hasil penelitian dan pemeriksan terhadap temuan yang masuk, serta hasil kajian pengawas pemilihan.

Ada dua pelaku yaitu MS dan RD yang diduga melakukan praktik politik uang.

Selama tahapan pilukada ini, Bawaslu menerima dan melakukan penanganan 18 kasus dugaan pelanggaran pemilu, namun karena dua kasus lokasi kejadian bukan di Tarakan akhirnya dilimpahkan ke Bawaslu Kaltara.

Dengan demikian ada 16 kasus dimana 15 di antaranya telah terselesaikan, sedangkan 1 perkara masih dalam penyelidikan.

“Ada satu yang masih dalam proses. Sebenarnya ada lima dugaan pelanggaran pidana tetapi empat di antaranya dihentikan pada tahap kedua pembahasan karena tidak memenuhi unsur. Sedangkan satu kasus dugaan money politic diteruskan ke penyidik Polres Tarakan,” terang Ketua Bawaslu Tarakan, Zulfauzi Hasly, Jumat (20/11/2020).

Sedangkan untuk 12 kasus lainnya merupakaan dugaan pelanggaran administrasi dan dua kasus terkait kode etik, sedangkan sisanya belum bisa diproses karena tidak memenuhi unsur.

Sebelum diserahkan ke penyidik, terlebih dahulu Bawaslu melakukan pembahasan bersama Gakkumdu untuk melihat apakah ada unsur pelanggaran atau tidak, apakah alat bukti terkumpul cukup atau tidak dan lain sebagainya.

“Pihak kepolisian butuh waktu 14 hari kerja, sementara Bawaslu tiga ditambah dua atau lima hari kalender, libur tetap dihitung. Kasus lain ada juga yang dihentikan, penanganan dugaan pelanggaran dilakukan setelah registrasi kasus 2×24 jam, kemudian pembahasan kedua dilakukan pada hari ke-5 apakah selesai atau tidak harus diputuskan,” ucapnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah