Politik

Bawaslu RI: Tolak Politik Uang, Peran Semua Pihak

Deklarasi tolak politik uang di Tana Tidung. (Foto: Hanifah)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar menghadiri deklarasi tolak dan lawan politik uang, hoaks, SARA serta launching PPID yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Tana Tidung (KTT), Jumat (16/10/2020) tadi malam.

Dia menyebut, bahwa pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak ini, masyarakat sebagai pemilih harus menolak dan tidak memberikan kesempatan kepada pihak yang akan mengambil keuntungan dari politik uang tersebut.

Begitu juga dengan hoaks dan SARA harus dihindari supaya pelaksanaan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar.

“Untuk lancarnya Pilkada, bukan hanya tugas dari Bawaslu itu sendiri, tapi ini menjadi tugas bersama semua pihak. Jadi proses merawat demokrasi adalah tugas kita semua, peran semua pihak diperlukan supaya tindakan, terutama seperti politik uang dapat dicegah,” ujar Fritz Edward Siregar.

Dia pun meminta kepada seluruh masyarakat, bila mengetahui atau menemukan adanya unsur-unsur yang menyangkut politik uang untuk segera melaporkannya.

Bawaslu akan segera melakukan tindakan jika memang politik uang terjadi.

“Masyarakat harus aktif melapor, jika menemukan atau melihat adanya politik uang. Kalau memang nama masyarakat yang melapor tidak mau disebutkan juga boleh karena ini bagian dasar dari Bawaslu sebagai tindakan. Ini dijadikan temuan dan Bawaslu akan segera tindaklanjuti. Jadi jangan takut karena Pilkada harus berjalan dengan aman, tanpa adanya kecurangan, kita menolak adanya politik uang,” tambah dia.

Diketahui, di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat sehingga kemungkinan politik uang dimanfaatkan atau dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencari keuntungan pribadi.

Bawaslu pun melihat hal itu dengan meningkatkan pengawasan yang jauh lebih ketat.

“Pengalaman Bawaslu yang ada di daerah sudah pasti banyak, karena mereka sudah melalui tahapan pemilu sebelumnya seperti Pileg dan Pilpres. Bawaslu memiliki kewenangan dan kemandirian dan KTT bagian dari pelaksanaan Pilgub,” tukas dia.

Dia juga mengimbau kepada seluruh pihak agar dalam pelaksanaan Pilkada tetap memegang teguh aturan protokol kesehatan semaksimal mungkin, tentu dengan penggunaan masker, mencuci tangan sesering mungkin, serta menjaga jarak.

Dalam kegiatan deklarasi tersebut, dihadiri oleh para pasangan calon (paslon) yang berikrar untuk menolak politik uang, penyebaran berita hoaks, SARA dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Acara juga dirangkai penandatanganan pakta integritas serta deklarasi pemberian cap tangan di papan deklarasi pun dilakukan. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah