Politik

Bawaslu Minta Data DPS Secepatnya Diumumkan Kepada Masyarakat

Ketua Bawaslu Tarakan, Zul Fauzi

TARAKAN, Koran Kaltara – Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kota Tarakan telah ditetapkan sebanyak 143.605 pemilih. Badang Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tarakan minta data tersebut segera disampaikan kepada masyarakat.

“Kami minta KPU segera menyampaikan data DPS kepada teman-teman Bawaslu dan partai politik (parpol) agar nanti bisa memberikan masukan terkait dengan DPS tersebut,” ujar  Ketua Bawaslu Tarakan, Zul Fauzy usai menghadiri rapat pleno penetapan DPS, Minggu (13/9/2020).

Zul Fauzy mengatakan, tahapan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) dilaksanakan sekitar bulan Oktober. Artinya masih ada waktu sekitar satu bulan lagi untuk pemutakhiran data, maka perlu masukan dari Bawaslu, parpol, peserta calon, dan masyarakat.

“DPS harus cepat diumumkan agar masyarakat cepat memberikan masukan. DPS diumumkan dulu baru dibaca oleh masyarakat, apakah ada namanya terdata atau ada nama keluarga yang pindah domisili atau meninggal dunia,” katanya.

Dia mengatakan, setelah DPS ini masyarakat baru bisa melihat dan membaca, baik nama, alamat apakah sudah terdata atau tidak.

BACA JUGA: Daftar Pemilih Sementara di Kota Tarakan 143.605 Pemilih

Bawaslu juga membuka posko pengaduan di setiap kantor pengawas, baik tingkat Kota maupun kecamatan.

Jika ada masyarakat tidak terdata di DPS boleh langsung membuat aduan di Bawaslu dan akan diteruskan ke KPU.

“Posko pengaduan sudah dibuka sejak coklit. Kemarin saat tahapan coklit ada sekitar 10 aduan masyarakat yang memiliki E-KTP dan berdomisili di Tarakan tapi belum tercoklit. Tapi itu sudah kita sampaikan ke KPU, saat ini kita mulai tahapan yang baru,” ungkapnya.

Zul Fauzy menambahkan, setelah DPS ini jika ada saran perbaikan data oleh masyarakat diharapkan dapat mengajukannya ke Bawaslu atau kantor pengawas di tingkat kecamatan. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah