Tana Tidung

Bawaslu KTT Teruskan Pelanggaran Netralitas ASN ke KASN

Ramsyah

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Lima Aparatur Sipil Negara (ASN) dan satu kepala desa yang dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) karena dituding melanggar netralitas dalam Pilkada 2020 masih dalam kajian awal.

Keenam orang yang dilaporkan tersebut berfoto bersama dengan salah satu pasangan calon (paslon).

“Terhadap laporan tersebut, kami lakukan kajian awal dan sebelumnya kami kembalikan untuk melengkapi pemberkasan, setelah itu pelapor telah melengkapi pemberkasan dan kami kemudian meregister. Lalu kami proses klarifikasi dengan satu orang pelapor, dua orang saksi dan enam orang terlapor yang diantaranya ada lima ASN dan satu Kades,” kata Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa pada Bawaslu KTT, Ramsyah, Rabu (21/10/2020).

Tapi dari hasil kajian dan klarifikasi yang dilakukan pihak Bawaslu, ternyata Kades yang dilaporkan tidak memenuhi unsur dugaan pelanggaran berpihak kepada paslon ataupun pelanggaran lainnya.

“Jadi proses untuk terlapor Kades ini kami hentikan, karena berdasarkan hasil proses klarifikasi yang kami lakukan ternyata Kades ini tidak memenuhi unsur dugaan pelanggaran berpihak ataupun pelanggaran lainnya, jadi tinggal lima orang ASN ini yang kami teruskan,” tambah dia.

Kemudian dari hasil tersebut, karena ini bukan merupakan kewenangan Bawaslu, pihaknya meneruskan ke Komisi ASN (KASN) di Jakarta.

Hal ini mengacu pada Surat Keputuan Bersama Nomor 5 yang berkaitan dengan netralitas ASN, dimana dalam surat perjanjian tersebut bahwa setiap ada dugaan pelanggaran ASN akan ditangani Bawaslu dan kemudian selanjutnya akan diteruskan ke KASN.

“Dari bukti pelapor berupa foto-foto bersama dan kegiatan, namun dari foto itu kami harus gali dan hasil klarifikasi itu dalam kegiatan apa dan bentuknya seperti apa. Kami tidak berhak menilai ini melanggar atau tidak, dan berdasarkan fakta yang ada kami teruskan ke Instansi yang berwenang yaitu KASN di Jakarta. Mereka akan periksa berkas itu dan akan kirim ke instansi kepegawaian di sini lalu tembusannya ke Bawaslu,” papar dia. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah