Politik

Bawaslu Berikan Pembekalan Kepada Panwascam

Ketua Bawaslu Tarakan Zulfauzi Hasly memberikan arahan dalam rapat koordinasi Panwascam se-Tarakan. (Foto: Sofyan)

TARAKAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tarakan memberikan pembekalan kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Tarakan, dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kalimantan Utara, yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

“Kita memberikan pembekalan kepada pengawas kita yang di Adhoc, terkait dengan tahapan kampanye. Apa yang menjadi fokus pengawasan, terus bagaimana caranya menyusun strategi pengawasan biar dalam melaksanakan pengawasan itu ada strategi yang diterapkan. Supaya ada fokusnya, apa yang perlu diawasi, apa larangan-larangan kampanye. Prinsipnya semua yang berkaitan dengan kampanye itu dijelaskan dalam rapar koordinasi ini,” terang Ketua Bawaslu Tarakan, Zulfauzi Hasly, Senin (28/9).

Disinggung mengenai kendala yang dihadapi selama ini, Zulfauzi mengatakan bahwa yang pertama itu adalah koordinasi dengan pihak terkait. Misalnya kepada tim pasangan calon maupun dengan pihak keamanan. Di tengah pandemi Covid-19 yang perlu diperhatikan juga adalah koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19.

“Kampanye di masa pandemi Covid-19 tidak sama dengan kampanye pada umumnya, karena ada pembatasan jumlah orang. Kemudian dalam melaksanakan kampanye harus ada penerapan protokol kesehatan, misalnya dari tim kampanye harus menyiapkan sarana dan prasarana, seperti tempat cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker bagi peserta kampanye, dan menjaga jarak,” paparnya.

Hal tersebut yang perlu dikoordinasikan Panwascam dengan tim sukses pasangan calon, sehingga terjadi penegakan protokol kesehatan dalam rangka mencegah menularan Covid-19. Selain itu, praktek money politics, penggunaan fasilitas negara, keterlibatan pihak-pihak yang dilarang dalam kampanye juga perlu diawasi.

“Misalnya ASN (Aparatur Sipil Negara), penjabat BUMN/BUMD. Itu tidak boleh terlibat dalam kegiatan kampanye, itu juga yang kita sampaikan kepada temen-temen Panwascam supaya menjadi fokus pengawasan pada saat kampanye,” ucapnya.

Diharapkan, dengan adanya rapat koordinasi ini pengawasan bisa berjalan lancar dan efektif. Selain itu, dengan meningkatkan pengetahuan itu bisa juga memberikan edukasi kepada Panwascam, karena biasanya paslon akan bertanya kepada pengawas mengenai hal-hal yang prlu diperhatikan. Minimal pengawas bisa menjelaskan mengenai regulasi yang diterapkan.

Peran masyarakat dalam pengawasan juga sangat diperlukan. Ormas, OKP, diminta untuk ikut berperan serta mengawasi. Prinsipnya masyarakat juga punya hak mengawasi. “Kalau untuk laporan bisa dilakukan di setiap kantor Panwascam, bisa juga langsung ke Bawaslu Tarakan,” pungkas Zulfauzi. (adv)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa

Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah