Politik

Bawaslu Awasi Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan

Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu KTT, Ramli

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Tidung (KTT), khususnya petugas PPS di setiap kelurahan/desa saat ini sedang melaksanakan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon dari jalur perseorangan. Kegiatan itu berlangsung sejak 29 Juni hingga 12 Juli mendatang.

Untuk memastikan prosedur verifikasi sudah berjalan sesuai peraturan, Bawaslu melakukan pengawasan di lapangan.

Bentuk kerawanan berdasarkan hasil pemetaan Bawaslu yakni seperti petugas PPS yang tidak melakukan verifikasi faktual dan tidak dilakukan secara sensus.

“Selain itu, pendukung berstatus penyelenggara pemilihan, tidak membantah dukungan juga tidak mengisi surat pernyataan, dan terakhir pendukung berstatus TNI, Polri, ASN, perangkat desa, tetapi tidak membantah surat dukungan. Jadi kerawanan itu pasti ada dan terjadi, tapi kita terus lakukan pengawasan agar verifikasi faktual berjalan sesuai aturannya,” ungkap Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan Hubungan Antar Lembaga pada Bawaslu KTT, Ramli, Jumat (3/7/2020) kepada Koran Kaltara.

Verifikasi faktual saat ini dilakukan untuk dua bakal pasangan calon, yakni dukungan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serta pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Untuk dukungan bakal calon bupati, dari 2.813 dukungan terdapat empat yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena tidak terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir setelah disandingkan dengan DP4 serta data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Untuk sementara ini pengawasan masih berjalan, guna memaksimalkan pengawasan yang kami lakukan, kami menurunkan 66 personel yang berasal dari Panwascam dan panwas desa. Mereka melakukan pengawasan dengan metode sensus secara melekat,” tutup dia. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah