Hukum Kriminal

Bawa Sabu, Dua Warga Nunukan Ditangkap di Tarakan

Ilustrasi sabu (Foto:Istimewa)

TARAKAN, Koran Kaltara – Dua warga Nunukan yang sedang berada di di Jalan P Aji Iskandar RT. 01 Kelurahan Juata Permai diamankan Sat Reskoba Polres Tarakan pada 8 November lalu. RE dan PR yang merupakan warga Nunukan diamankan di rumah keluarga HN di Juwata Permai. Sedangkan HN, diamankan di Tugu 99, pinggir Jalan Mulawarman, depan Bandara Juwata Tarakan.

“HN ini warga Tarakan. Sementara RE dan PR ke Tarakan untuk bertemu dengan pembeli, yang difasilitasi HN. Kemudian, mereka tinggal sementara di rumah keluarga HN di Kelurahan Juwata Permai itu,” ujar Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira, melalui Kasat Reskoba AKP Muhammad Musni saat dikonfirmasi, Senin (16/11/2020).

Pengungkapan ketiga tersangka ini, lanjutnya, berawal dari penangkapan HN yang diamankan di pinggir jalan. Pengakuan HN, dia hendak mengambil uang Rp54 juta dari calon pembeli. Sedangkan sabu merupakan milik RE yang dibawanya dari Sebatik, Nunukan.

HN bertugas menjemput uang dari calon pembeli. Setelah HN ditangkap, kemudian dikembangkan sampai ke RE dan PR di Kelurahan Juwata Permai.

“HN menunggu orang mengantarkan uang, tapi keburu diamankan polisi dan dikembangkan dicarilah ke Juwata dan didapatkan sabu di pipa paralon di tempat mereka menginap, rumah keluarga HN. Pipa paralon ini seperti pipa yang untuk septic tank, berdiri paralonnya. Padahal itu tempat untuk sembunyikan sabu,” bebernya.

Pengakuan ketiga tersangka, mereka baru pertama kali berjualan sabu. Rencana ketiganya hendak menipu calon pembelinya dengan sabu palsu. RK bahkan sudah mempersiapkan tawas yang beratnya hampir sama dengan sabu yang akan dijual.

“HN katanya dapat pembeli sabu. Jadi, HN jemput pakai perahu dongfeng, sampai di Tarakan pembelinya menghubungi mau antar uang,” ungkap Kasat Reskoba.

Rencana HN mengelabui pembeli dan RE maupun PR yang akan menukar sabu dengan tawas gagal. Karena ketiganya batal beraksi dan harus menginap di Rutan Polres Tarakan.

Ketiganya dikenakan pasal 112 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1 Undang undang No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika, subsider pasal 114 ayat 2 junto pasal 132 ayat 1 Undang undang No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“PR ini ibaratnya nanti mau nabrak, orang yang beli sabu itu. Jadi tugasnya PR bawa tawas untuk mengalihkan,” bebernya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah