Advertorial

Banyak Jabatan Lowong, Bupati Minta BKPSDM Lakukan Pemetaan

Bupati Bulungan Syarwani, minta BKPSDM untuk melakukan pemetaan atas jabatan lowong. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR – Sejumlah jabatan di lingkup Pemkab Bulungan saat ini mengalami kekosongan. Tak hanya jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama atau eselon II tetapi juga untuk beberapa jabatan eselon di bawahnya (pengawas dan administrator) di.

Terkait hal itu, Bupati Bulungan Syarwani menegaskan, untuk pengisian jabatan eselon II dilakukan melalui proses lelang jabatan atau lewat assessmen. Di mana secara teknis nantinya dilakukan oleh Pemkab Bulungan, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulungan.

“Pejabat di eselon II tentu harus melalui lelang jabatan. Bagi yang akan mengikuti proses pengisian jabatan lowong di eselon tersebut. Memang sementara ini masih banyak yang kosong,” ujarnya.

Dia pun meminta BKPSDM untuk melakukan pemetaan lebih lanjut, terkait kebutuhan dan kondisi pegawai di lingkungan Pemkab Bulungan.

“Saya sudah sampaikan kepada Kepala BKPSDM untuk pemetaan kembali. Karena ternyata tidak hanya eselon II, tetapi ternyata lainnya juga. Apalagi yang pensiun ini hampir tiap bulan ada dan itu tidak bisa dihindari. Tentunya saat ada yang pensiun pasti ada jabatan kosong,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, agar pada 2021 ini pemetaan sudah dilakukan hingga Desember mendatang. Sehingga diharapkan pada 2022 Pemkab Bulungan sudah bisa melakukan pengisian untuk jabatan kosong. Sebab menurutnya, bagaimanapun, diperlukan personil yang cepat untuk bisa mengisi kekosongan itu.

Ia tak menampik untuk melakukan penambahan hingga pengisian PNS memerlukan tahapan panjang. Terlebih formasi yang diberikan oleh KemenPAN-RB juga terbatas.

“Kalau mengikuti analisa yang dilakukan oleh organisasi maupaun BKPSDM memang kita masih sangat butuh. Namun formasi itu dari yang kita usulkan belum tentu semuanya bisa diakomodir oleh menteri. Ke depan juga tetap kita usulkan lagi, baik CPNS maupun juga PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja),” katanya.

Sementara itu Kepala BKPSDM Bulungan Indriyati menyebutkan, sejauh ini pihaknya juga masih mempersiapkan proses lelang jabatan yang di awal perlu menyusul panitia seleksi (pansel).

“Sementara belum (seleksi jabatan). Tapi ini berproses, sebab saat ini selain untuk lelang jabatan kami juga persiapan untuk penilaian dan evaluasi jabatan Sekkab bersama dengan pemerintah provinsi,” tandasnya. (adv/an)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah