Bulungan

Bantuan Keuangan untuk Edukasi Politik

Bantuan keuangan untuk partai politik juga untuk edukasi politik bagi masyarakat. (Foto: Rizqy)
  • Gubernur: Bangun Nilai-Nilai Kebangsaan yang Lahir Dan Tumbuh dalam Kehidupan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sejumlah partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Kalimantan Utara (Kaltara) mendapatkan bantuan anggaran dari Pemprov Kaltara. Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada masing-masing partai politik, Selasa (12/10/2021).

Bantuan keuangan kepada partai politik tingkat provinsi Kaltara itu, disalurkan dalam dua tahap pencairan. Untuk tahap pertama dilaksanakan pada APBD Tahun 2021 sebesar Rp760.694.400. Kemudian untuk tahap kedua, dilaksanakan pada APBD Perubahan 2021 sebesar Rp1.739.305.559,68.

Gubernur mengemukakan, partai politik merupakan elemen penting dalam negara demokrasi. Salah satu fungsi dibentuknya partai politik adalah sebagai institusi politik yang bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik kepada kader maupun kepada masyarakat luas.

“Untuk itu, peranan partai politik tidak hanya dalam proses politik, namun peranan mereka saat terjadi bencana alam atau masalah-masalah yang terjadi di masyarakat seperti yang melanda dunia saat ini yaitu pandemi Covid-19,” katanya.

Bantuan keuangan yang diberikan, ditekankan pula edukasi politik. Artinya, bantuan keuangan kepada partai politik yang diberikan secara proporsional itu, bermanfaat terhadap pendidikan politik bagi masyarakat Kaltara.

“Bantuan Keuangan kepada partai politik diprioritaskan untuk melaksanakan pendidikan politik bagi anggota partai politik dan masyarakat. Selain digunakan untuk melaksanakan pendidikan politik, bantuan keuangan juga digunakan juga bisa untuk operasional sekretariat partai politik,” terangnya.

Lanjutnya, bahwa partai politik dapat memaksimalkan fungsinya terhadap rakyat. Dalam pendidikan politik dan pengkaderan, serta rekrutmen politik yang efektif untuk menghasilkan kader-kader calon pemimpin yang memiliki kemampuan yang baik.

“Bangun nilai-nilai kebangsaan yang lahir dan tumbuh dalam kehidupan. Pendidikan politik terus ditingkatkan agar terbangun karakter bangsa yang merupakan watak atau kepribadian bangsa Indonesia. Antara lain kesadaran berbangsa, cinta tanah air, kebersamaan, keluhuran budi pekerti, dan keikhlasan untuk berkorban bagi kepentingan bangsa,” tuturnya.

Ditemui terpisah, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris mengatakan, tiap partai politik mempunyai program yang berbeda-beda. Namun demikian, tujuan yang ingin dicapai tetap sama. Yakni memajukan bangsa dan negara.

“Dengan adanya bantuan hari ini, mudah-mudahan ini bisa meningkatkan minat dan kemampuan dari para kader untuk terus berinovasi membesarkan partai masing-masing. Itu juga untuk mensosialisasikan. Karena sebenarnya, banyak orang menilai politik itu kasar, politik itu kejam, politik itu jauh dari ramah. Tetapi kami membuktikan bahwa melalui pendidikan-pendidikan dari partai itu, bisa memberikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat bahwa politik bisa berjalan dengan ramah dengan baik,” terangnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment