Nunukan

Banjir, Warga Sembakung Terancam Kekurangan Pangan

Warga bersama relawan sedang menyelamatkan hasil panen padinya. (foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Banjir sejumlah desa di Kecamatan Sembakung berdampak ke sektor pertanian. Banyak lahan pertanian dan perkebunan warga terancam gagal panen, karena terendam banjir.

Kasubid Kedaruratan BPBD Nunukan Hasan mengatakan, persoalan bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat di sana sudah diantisipasi. Khusus sektor pertanian, saat ini sudah terdata sebanyak 335 hektare lahan pertanian terendam banjir. Sebagian besar lahan merupakan persawahan siap panen.

“Beberapa hari lalu, ada 20 hektare lahan padi, sekarang sudah ratusan. Artinya makin meluas. Lahan terbesar berada di Desa Atap, Sembakung,” ungkapnya kepada Koran Kaltara, Senin (18/1/2021).

Dia menggambarkan ada 300 hektare lahan padi siap panen di Desa Atap, Sembakung. Kalau hitungan kasarnya, ada 300 ton beras yang dihasilkan.

“Bisa dibayangkan, kalau itu hilang karena gagal panen, artinya beberapa bulan kedepan mereka akan kekurangan stok bahan pangan,” kata dia.

Saat ini, kata dia, sejumlah relawan sedang mengupayakan memilah hasil padi yang belum rusak. “Nanti dibawa dan dinaikkan ke perahu. Saya belum dapat datanya berapa kg atau ton yang berhasil diselamatkan. Selain pertanian, peternakan seperti sapi dan kambing juga kita evakuasi ke tempat aman,” bebernya.

Dia menyampaikan bahwa Dinas Pertanian masih memiliki stok 2 ton beras yang siap digeser. “Tapi kembali lagi, pergeseran logistik maupun personel itu harus mengacu status tanggap darurat dan keuangan. Jadi, stok beras ini memang diperuntukkan bagi kondisi kondisi daerah (banjir) saat ini,” ucap dia.

Dia mengungkapkan, bahwa sejumlah relawan dari Provinsi Kaltara tengah turun ke Sembakung untuk penanganan bencana.

“Kendala kita adalah daerah jauh. Kita sulit mendirikan dapur umum. Misalnya, kita dirikan di Desa Atap, namun bagaimana desa tetangganya? Jadi, pola yang kita terapkan distribusi dengan perahu,” bebernya. (*)

BACA JUGA: Banjir Sembakung Terus Meluas

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari cegah penyebaran Covid-19 dengan 5 M;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan