Headline

Banjir Sembakung Terus Meluas

Kondisi Banjir di Sembakung. (Foto: Istimewa)
  • Masyarakat Masih Bertahan di Rumah Masing-Masing

NUNUKAN, Koran Kaltara – Hingga saat ini, banjir yang melanda desa Atap, Sembakung, belum juga surut. Bahkan, air luapan sungai Sembakung ini terus saja meluas  hingga merendam pemukiman warga sekitar.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nunukan, Hasan Basri mengatakan, kondisi banjir yang terjadi di Sembakung memang bencana tahunan. Sebab, kata dia, hampir setiap tahun jika masuk musim penghujan di Negara Malaysia, maka debit air sungai dari hulu akan mengalami peningkatan.

“Jadi, kita sudah terbiasa menangani hal-hal seperti banjir yang ada di Sembakung tersebut. Karena hampir setiap tahun itu ada. Itu banjir kiriman dari hulu Sungai Sembakung. Hulu Sungai Sembakung kan di Malaysia,” ungkapnya kepada Koran Kaltara, Jumat (15/1/2021).

Meski begitu, kata dia, pemerintah daerah tidak akan lepas tangan dan akan terus memantau perkembangan banjir yang terjadi. Sebab, hingga saat ini rata-rata masyarakat memilih tetap menempati rumahnya. “Mereka belum mau mengungsi. Tapi, kita tetap memantau kondisi warga kita yang ada di sana. Dan, kita juga akan menyiapkan bantuan untuk warga di sana,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubbid Kedaruratan, BPBD Nunukan, Hasan mengatakan kondisi banjir di Desa Atap sudah terjadi sejak 31 Desember 2020. Bahkan, banjir ini telah melumpuhkan beberapa akses atau kegiatan masyarakat di sana.

Dia menjelaskan, dari data per tanggal 6 Januari lalu, ada sekitar 530 masyarakat terdampak banjir. Namun dipastikan hingga saat ini belum ada masyarakat yang mengungsi karena mereka masih tetap memilih bertahan di rumahnya masing-masing. Tak hanya pemukiman penduduk, pertanian juga terendam banjir.

Sementara itu, banjir ini menjadi perhatian bagi Polsek Sembakung, Polres Nunukan, dalam menyalurkan bantuan. Setidaknya, ada 20 KK korban banjir mendapatkan bantuan sembako.

Kapolres Nununukan AKBP SYaiful Anwar mengaku setelah mengecek kondisi banjir di Sembakung, pihaknya langsung memerintahkan jajaran untuk menyalurkan bantuan seperti beras, telur dan sebagainya.  (*)

Reporter: Asrin

Editor: Nurul Lamunsari 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah