Nunukan

Bangkitkan Semangat Olahraga, Komunitas Gasper dan NCC Gowes Bareng

H Momo dan Ketua NCC, H Andi Mutamir diskusi tentang olahraga sepeda dalam gowes bareng. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Seratusan anggota komunitas sepeda di Kabupaten Nunukan, yakni Gabungan Sepeda Perbatasan (Gasper) dan Nunukan Cycling Community (NCC), Sabtu (21/11/2020), melaksanakan gowes bareng.

Olahraga bersepeda ini, dimulai dari Gedung Aztrada 88 Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur menyusuri jalan perkebunan yang menantang sampai Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat dengan menempuh jarak sekitar 20 kilometer.

Sebanyak sembilan komunitas sepeda yang berpartisipasi, yaitu tuan rumah West Sebatik Bike Club (WSBC), Aztrada Bike Community (ABC), Hasanah Bike Family, Goweser Sebatik Club (GSC), Aztrada Women, Komunitas Sepeda Patok Tiga, Mekar Jaya Cycling Club (MJCC) dan Nunukan Cycling Community (NCC).

Ketua Gasper, Kahar mengatakan, olahraga bersepeda ini di kemas dalam suasana santai dengan tujuan utama menjalin silahturahmi antara komunitas sepeda se – pulau Sebatik dan Nunukan. Selain itu, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dalam situasi pandemi Covid-19 karena olahraga ini, sangat penting untuk dilakukan pada saat pandemi Covid-19.

Kemudian, memacu adrenalin saat melewati rute yang menantang, kemudian suasana kearaban terjalin saat mendaki gunung. Karena di situlah akan tampak solidaritas diantara para gowes.

“Hari ini gowesnya luar biasa. Bersama anggota komunitas bersepeda bareng untuk menjalin silaturahmi, menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh. Jadi dapat olahraganya, dapat juga silaturahmi dan teman baru,” ujar Kahar usai finish di Taman Bebatu Bais, Desa Setabu.

H. Momo yang juga Pembina Aztrada Bike Community yang ikut serta dalam gowes tersebut menjelaskan, bahwa di situasi pandemi Covid-19, rutin berolahraga menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Olahraga apapun, jika dilaksanakan dengan rutin dan teratur akan menciptakan kebugaran dan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, mengajak masyarakat untuk hidup sehat melalui olahragara.

Sementara itu, Ketua NCC, H. Andi Mutamir mengapresiasi gowes bareng yang dilaksanakan oleh Gasper. Ia mengatakan, NCC sangat menyambut baik gowes bareng ini karena dapat meningkatkan silaturahmi antara goweser Sebatik dan Nunukan.

Di samping itu, ini menjadi bukti bahwa masyarakat perbatasan di Kabupaten Nunukan bertekad memerangi penyebaran Covid-19 melalui olahraga sepeda. “NCC berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan dan NCC siap berpartisipasi menyukseskan. Karena silahturahmi dapat, begitu juga manfaat berolahraga juga dirasakan manfaatnya. (adv)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah