Bulungan

Bandiklat Kembali Digunakan untuk Tempat Karantina

Pemkab Bulungan terus melakukan upaya pencegahan, dengan jaga jarak termasuk perlayanan di rumah sakit. (Foto : Nurjannah/Koran kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pemkab Bulungan, melalui tim Satuan Tugas Percepatan dan penanganan penyebaran Corona Virus Disease 2029 (Covid-19), mulai memberlakukan Kembali karantina khusus untuk kasus terokonfirmasi positif covid-19.

Pemberlakukan karantina terpusat ini dimulai Jum’at (25/9/2020). Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan Imam Sudjono. Dia mengakui, hingga saat ini masih melakukan tracing terhadap sejumlah orang kontak erat. Apalagi saat kasus terkonfirmasi positif covid-19 masih terus mengalami penambahan.

“Sekarang memang terus mengalami penambahan. Mulai hari ini kita mulai buka karantina khusus. Dengan tempat yang sama seperti sebelumnya, fasilitas asrama BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia) (Bandiklat) Bulungan,” kata Sujono, Jum’at (25/9/2020).

Meski lokasi yang sama, dia mengaku untuk jumlah tenaga medis yang akan melakukan pelayanan di lokasi karantina, berkurang dari sebelumnya. “Jumlahnya dikurangi oleh tim, tapi untuk pelayanannya kita usahakan tetap sama,” katanya.

Terkait dengan biaya untuk keperluan operasional selama karantina, dikatakan, etap diitanggung oleh Pemerintah Daerah. Keuangannya dipersiapkan sebagaimana karantina yang dilakukan sebelumnya. Dengan kondisi saat ini, ia tetap tegaskan agar semua elemen bisa menjaga dan tetap menataati protokol kesehatan.

“Kita semua harus sama-sama menjaga. Dan yang penting masyarakat semua sehat. Pencegahan dan penanganan masih kami lakukan. Hari ini tim akan kembali melakukan swab terhadap kontak erat di Tanjung Palas Timur, yang merupakan kasus terkonfirmasi positif sehari lalu,” ungkapnya.

Terkait karantina khusus, penempatan pasien akan lebih selektif. Kemungkinan untuk orang yang reaktif rapid test tidak akan dikarantina khusus. Pasien yang menjalani karantina khusus hanya yang terkonfirmasi positif tidak bergejala.

Sebelumnya Bupati Bulungan Sudjati, juga terus menegaskan, untuk sama-sama menjaga dan melakukan penceganan penyebaran virus sindrom pernapasan akut berat 2 (SARS-CoV-2) ini. “Kuncinya adalah disiplin terhadap protokol kesehatan, agar kita sama-sama bisa memutus rantai penyebaran virus itu,” katanya singkat. (*)

Reporter: Nurjannah

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah