Tarakan

Bandara Juwata Turut Tingkatkan Keamanan

Keamanan Bandara Juwata Tarakan mulai diperketat jelang Natal dan Tahun Baru 2019. (Foto: Sofyan/Koran Kaltara)
TARAKAN, Koran Kaltara – Menjelang Natal dan Tahun Baru, Bandara Juwata meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas yang membahayakan. Selain bantuan Polres Tarakan, pihak bandara bahkan mengerahkan TNI AU terlibat pengamanan. Tak hanya gerak orang, kendaraan yang mencurigakan tak luput diperiksa. “Dari Lanud dibantu 1 pleton untuk mengamankan bandara selama Natal dan tahun baru. Kita saat ini sedang…

TARAKAN, Koran Kaltara – Menjelang Natal dan Tahun Baru, Bandara Juwata meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas yang membahayakan. Selain bantuan Polres Tarakan, pihak bandara bahkan mengerahkan TNI AU terlibat pengamanan. Tak hanya gerak orang, kendaraan yang mencurigakan tak luput diperiksa.

“Dari Lanud dibantu 1 pleton untuk mengamankan bandara selama Natal dan tahun baru. Kita saat ini sedang mengantisipasi teroris, bom, dan upaya penyelundupan narkoba,” kata Kepala Bandara International Juwata Tarakan, Elfi Amir, Kamis (20/12/2018).

Selain itu, Bandara International Juwata Tarakan juga sedang membuka posko Natal dan Tahun Baru 2019 yang sudah diintsruksikan oleh Kementerian Perhubungan.

“Posko yang ada juga dapat digunakan untuk mencari informasi seputar penerbangan, kemanan, bahkan pelayanan kesehatan juga ada karena kita juga melibatkan kesehatan pelabuhan. Posko kita buka mulai Kamis ini sampai tanggal 6 Januari 2019,” bebernya.

Disinggung mengenai kenaikan jumlah penumpang, masih normal berkisar antara 1.300-1.400 penumpang setiap harinya, dan pada puncak arus penumpang diprediksi terjadi pada hari Jumat, 21 Desember 2018.

“Kenaikanya hanya sekitar 20 persen. Tidak signifikanya arus penumpang maskapai penerbangan di Bandara Juwata Tarakan ini dikarenakan sudah ada maskapai yang melayani secara langsung dari Malinau, Tanjung Selor, dan Nunukan langsung ke Samarinda,” lanjutnya.

Dengan demikian, tidak ada penambahan maskapai. Sedangkan untuk harga masih di ambang batas normal atas sehingga masih di kisaran batas normal bawah.

Komandan Lanud Anang Busra Tarakan, Kolonel Penerbang Mochammad Arifin menambahkan bahwa selama libur ini pihaknya membantu keamanan sepenuhnya di Bandara Juwata Tarakan dengan mengerahkan 10 anggota di luar bandara dan 10 personel di dalam bandara, dan yang ditugaskan di posko sebanyak 3 anggota.

“Meskipun aman tetapi kita tidak boleh lengah, kita melakukan kewaspadaan terutama bandara ini yang harus ditingkatkan sistem keamananya,” tegasnya. (*)

Reporter: Sofyan

Editor: Rifat Munisa

Artikel ini juga terbit di versi cetak Koran Kaltara edisi 21 Desember 2018