Tarakan

Bandara Juwata Tarakan Uji Coba GeNose

Uji coba alat GeNose di Bandara Juwata Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Bandara Internasional Juwata Tarakan melakukan uji coba layanan GeNose C19 untuk skrining Covid-19 bagi penumpang, Senin (19/4/2021).

Uji coba dilakukan langsung oleh Kepala Bandara Juwata Tarakan. Selanjutnya dari hasil uji coba kemudian dilakukan evaluasi sebelum resmi diberlakukan.

“Hari ini uji coba setelah itu kita evaluasi pelaksanaannya. Jadi ini bukan punya bandara, kita hanya memfasilitasi,” ujar Kabid Pelayanan dan Kerja Sama Bandara Tarakan, Gedeon.

Gedeon mengatakan, uji coba mulai coba alat sampai hasil print out. Kemudian petugas, listrik, lalu pelayanan untuk menghidari antrean panjang.

Alat GeNose disiapkan oleh penyedia jasa sebanyak dua unit, sedangkan bandara sebagai fasilitator. Dan rencananya tarif setiap satu kali tes GeNose Rp50 ribu.

“Hari ini sebagaimana kita coba upayakan uji coba pelaksanakan GeNose di Bandara Juwata Tarakan. Diharapkan dengan adanya GeNose ini penangananan kepada Covid-19 lebih murah dan cepat,” ujarnya.

Diketahui, setiap satu kali tes Covid-19 menggunakan GeNose membutuhkan waktu sekitar 1 menit dan hasilnya langsung keluar positif atau negatif.

Harapanya dalam Minggu ini GeNose sudah bisa digunakan untuk umum. Sesuai rencana pelayanan dibuka mulai pukul 05.30 Wita sampai dengan 17.00 Wita. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik