Hukum Kriminal

ASN Cantik Ditangkap Polisi

Pelaku peredaran narkoba jenis sabu yang berhasil diamankan polisi. (foto: istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Entah apa yang membuat IRT berinisial DS (32) warga Gajah Mada Nunukan Tengah nekat melanjutkan bisnis terlarang suaminya yang lebih dulu masuk penjara. Sebab, ibu muda yang belakangan diketahui seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Nunukan tertangkap tangan memiliki sabu seberat 50 gram. Sabu itu diambilnya dari Pulau Sebatik.

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar melalui Kasubag Humas Polres Nunukan AKP M Karyadi mengatakan, DS ditangkap saat tiba di Nunukan dari Pulau Sebatik di Dermaga Fery Sei Jepun Nunukan Selatan, sekitar pukul 14.30 WITA, Kamis (11/2/2021) lalu.

“Awalnya sekitar pukul 13.00 Wita, Kamis (11/2/2021) lalu, Satreskoba Polres Nunukan mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada seorang perempuan diduga membawa atau menguasai sabu-sabu,” ungkap Karyadi kepada Koran Kaltara, Rabu (17/2/2021).

Menurut dia, informasi itu menyebutkan DS membawa sabu itu dari Pulau Sebatik menuju Nunukan. “Kemudian informasi tersebut ditindak lanjuti, dengan melakukan penyelidikan di sekitar pelabuhan- pelabuhan di Nunukan,” terangnya.

Tepat pukul 14.30 Wita, kata dia, tim akhirnya menemukan seorang  perempuan sesuai informasi yang telah diterima. Perempuan itu adalah DS, yang baru tiba di Pelabuhan Fery Sei Jepun Nunukan.

“Kita langsung mengamankan dan melakukan penggeledahan barang – barang bawaannya. Nah, dari pengeledahan ini ditemukan satu bungkus plastik warna transparan ukuran sedang disimpan dalam kantong plastik hitam. Isinya diduga sabu-sabu seberat kurang lebih 50 gram,” ungkapnya.

Dari hasil interogasi kepolisian, kata Karyadi, DS mengambil barang itu atas perintah suaminya, yang lebih dulu tertangkap kasus narkoba. Dan, saat ini suaminya berada di Lapas Nunukan.

“Jadi, DS disuruh suaminya untuk mengambil barang itu,” tuturnya.

Atas perbuatanya, DS dijerat pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Selain sabu-sabu, pihak kepolisian mengamankan tas selempang milik tersangka, dua unit handphone dan sepeda motor yang digunakan tersangka mengambil sabu-sabu tersebut di Pulau Sebatik. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah