Advertorial

Antisipasi Klaster Pilkada, Bawaslu Bentuk Pokja

Bawaslu Malinau bersama stakeholder terakit membentuk Pokja Pencegahan Covid-19, Rabu (23/9) malam di salah satu kafe di Malinau.

MALINAU – Upaya mengantisipasi terjadinya klaster pilkada pada saat tahapan kampanye, Bawaslu Kabupaten Malinau membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan Covid-19 pada Pilkada 2020.

Pembentukan pokja ini, Bawaslu melibatkan seluruh stakeholder terkait, diantaranya KPU Malinau, Kodim 0910 Malinau, Polres Malinau, Kejari Malinau, Satpol PP beserta Tim Gugus Tugas Covid-19 Malinau.

“Pertemuan pembentukan Pokja ini merupakan instruksi langsung dari Bawaslu RI sesuai dari hasil pertemuan dengan Komisi II DPR RI beberapa hari lalu yang mengizinkan bawaslu tingkat provinsi dan kabupaten membentuk Pokja,” ujar Ketua Bawaslu Malinau, Donny,S.Th, kepada Koran Kaltara, Rabu (23/9).

Dalam struktur Pokja Pencegahan Covid-19 pada Pilkada 2020, sebut Donny, pembinanya langsung dari kepala daerah, yakni Bupati atau Plt Bupati Malinau, Dandim 0910 Malinau, Kapolres dan Kejari. “Sedangkan untuk ketua I itu dari ketua Bawaslu dan ketua II itu dari KPU Malinau. Sementara anggota itu terdiri dari Polri, Satpol PP, kejaksaan dan bawaslu,” sebutnya.

Donny menjelaskan, pembentukan Pokja ini sebagai wujud daripada pencegahan yang dilakukan oleh Bawaslu terkait dengan akan dimulainya tahapan kampanye pada 26 September.
Terlebih lagi, masa kampanye ini masih pandemi Covid-19 “Jadi pembentukan ini sebagai wujud kita untuk pencegahan Covid-19,” katanya.

Tugasnya nanti, kata Donny, Pokja akan melakukan sosialisasi kepada publik untuk tetap taat kepada protokol kesehatan. “Kemudian melakukan deklarasi berupa pakta integritas dari masing-masing pasangan calon sebagai bentuk komitmen mereka menjalankan protokol kesehatan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, apabila pencegahan yang dilaksanakan Tim Pokja ini tidak diindakan selama masa kampanye, maka akan ada upaya penindakan disiplin sesuai dengan regulasi yang ada.

“Misalnya dari pihak kepolisian dalam operasi yustisi bisa digunakan dengan landasan Pergub Nomor 33 itu. Termasuk juga apabila ada Perbup nantinya,” pungkasnya. (adv/man)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah