Bulungan

Antisipasi Arus Mudik, Bupati Inginkan Vaksinasi Dikebut

Bupati Bulungan Syarwani.

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara –  Memasuki minggu kedua bulan Ramadan, kasus Covid-19 di Bulungan semakin melandai.

Kondisi ini menjadi angin segar bagi masyarakat, khususnya bagi umat muslim yang akan merayakan Lebaran, termasuk rencana mudik.

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan, untuk kebijakan lebih lanjut terkait mudik Idulfitri 1443 hijriah, sampai saat ini belum ada arahan lebih jauh dari pemerintah. Termasuk apakah kemungkinan adanya pengetatan aturan pembatasan.

“Namun yang pasti dengan kebijakan perjalanan saat ini, di mana para pelaku perjalanan ada persyaratan vaksinasi,” ujarnya.
Sesuai ketentuan yang ada, bagi pelaku perjalanan yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis 3 atau booster, maka tak perlu melakukan pemeriksaan antigen maupun PCR.

Sementara untuk pelaku perjalanan yang baru dosis ke-2, maka diharuskan menyertakan hasil pemeriksaan antigen.

Sementara bagi yang baru dosis 1, maka harus melakukan pemeriksaan PCR dengan hasil negatif terlebih dahulu.

BACA JUGA:

Terkait itu, bupati minta agar progres vaksinasi digenjot. Dirinya pun mengimbau bagi masyarakat yang belum vaksin, atau yang belum disuntik vaksin booster, untuk segera mendatangi tempat-tempat vaksinasi yang disediakan pemerintah daerah maupun instansi lainnya.

“Meski nantinya tidak terlalu ketat, bukan berarti kita di daerah tak melakukan pengecekan. Minimal di beberapa sarana transportasi umum dilakukan pengecekan suhu tubuh seperti biasanya. Begitupun juga konfirmasi kedatangan dan bepergian bagi penumpang,” ungkap bupati.

Ia tak menampik hal ini juga harus menjadi perhatian bersama. Apalagi setelah diumumkan beberapa waktu lalu cuti bersama dan libur lebaran waktunya cukup panjang.

“Jadi memang perlu kewaspadaan, jangan sampai karena kasus melandai masyarakat lengah. Khususnya untuk penerapan disiplin protokol kesehatan,” tegasnya.

Bupati juga mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi, baik dosis 1, dosis 2, maupun dosis 3.

Dengan meningkatnya penerima vaskian maka diyakini kekebalan tubuh masyarakat khususnya di Bulungan akan semakin baik.

“Vaksinasi masih tetap kami lakukan dan maksimalkan. Kami berharap capainnya semakin meningkat sehingga kekebalan tubu masyarakat bisa terbentuk,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Nurjannah
Editor: Edy Nugroho

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment