Hukum Kriminal

Angka Kriminalitas Meningkat 7,04 Persen

MENINGKAT : Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit terus meminta anggotanya untuk terus mengantisipasi tindak pidana kriminalitas. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
  • Polisi Catat 31 Aksi Tindak Kriminal di Kaltara

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit melalui Kabid Humas AKBP Berliando mengungkapkan, selama operasi Ketupat Kayan 2020 ini, mencatat ada 31 tindak kriminal terjadi di provinsi ini. Jumlah tersebut mengalami peningkatan cukup drastis menjelang lebaran Idulfitri tahun ini.

“Kalau yang paling banyak terjadi, di Kabupaten Nunukan sama Kota Tarakan. Karena biasanya tindak kejahatan itu, dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan geografis. Secara umum ada peningkatan jelang lebaran ini,” katanya saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Selasa (19/5/2020).

Tindak kejahatan tersebut, lanjutnya, terjadi selama lima pekan Operasi Ketupat Kayan yang dilakukan jajarannya. Pada pekan pertama operasi tepatnya pada 24 hingga 30 April lalu, tindak kejahatan yang terjadi sebanyak 5 kasus. Sementara pekan kedua, sejak 1 hingga 7 Mei, ada 7 kejadian kasus.

“Sementara untuk pekan ketiga pada tanggal 8 sampai 14 Mei itu, ada 11 kejadian kasus. Pekan ke lima mulai tanggal 14 hingga saat ini, sudah 8 kejadian. Kejadian tindak pidana kejahatan itu tersebar di seluruh Kaltara,” ujarnya.

Lanjut dia, seluruh kejadian tindak pidana kejahatan itu dapat diatasi oleh seluruh jajaran kepolisian. Bahkan, beberapa pelaku tindak pidana tersebut telah diamankan pihaknya. Kejahatan-kejahatan yang terjadi pun, merupakan tindak kejahatan konvensional seperti pencurian hingga pembobolan rumah.

“Kejahatannya paling banyak pencurian biasa saja atau kejahatan yang konvensional, seperti pencurian motor dan rumah yang di bobol maling. Tapi semuanya relatif bisa dikendalikan oleh kepolisian. Beberapa pelaku juga sudah kita amankan,” ujarnya.

Berliando menambahkan, selama pandemi virus corona atau Covid-19 ini, kepolisian memang memetakan empat jenis kejahatan sangat berpotensi terjadi. Pertama kejahatan kriminal jalanan saat arus mudik, tindak pidana menolak atau melawan perintah petugas, tindak pidana menghambat penanggulangan bencana dan tindak pidana tidak mematuhi atau menghalangi penyelenggara karantina kesehatan.

“Tapi kalau di Kaltara kan masih kondusif aja. Hingga saat ini, belum ada masyarakat kita yang melakukan tindakan kejahatan disituasi sekarang. Cara penyampaian kita juga ketika melakukan sosialisasi, kita utamakan dengan cara humanis,” ungkapnya.

Berdasarkan catatan dari Mabes Polri, angka kriminalitasi yang terjadi di seluruh Indonesia mengalami peningkatan 7,04 persen atau 3.726 kasus. Jumlah tersebut mengalami peningkatan cukup drastis menjelang lebaran Idulfitri tahun ini.

“Tapi itu (peningkatan kejahatan) kan secara nasional. Kalau di Kaltara sendiri, masih stabil aja semua. Sudah ada arahan juga dari Kapolri perihal beraktivitas saat pandemi. Kapolri minta semua warga ikuti anjuran para ulama dan pemerintah untuk terus mencegah penyebaran virus corona ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah