Politik

Anggota KPU di Kaltara Tak Ada yang Dicatut Parpol

Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami menunjukkan hasil pengecekan melalui website info pemilu. (Foto: Rizqy)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Di tengah tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik (Parpol) untuk menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) 2022, sejumlah nama anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah dicatut namanya dalam keanggotaan parpol.

Hal itu diketahui, di antaranya melalui pengecekan secara mandiri pada website infopemilu.kpu.go.id.

Terakhir, KPU menemukan 98 anggotanya di daerah dicatut menjadi kader parpol.

Dikutip detik.com, Ketua Divisi Bidang Teknis KPU Idham Holik mengatakan, akan melakukan klarifikasi sejumlah parpol yang mencatut nama para komisioner penyelenggara tersebut.

“Nanti juga pihak partainya juga kami akan klarifikasi ya. Ya nanti (bakal panggil) dalam hasil, dalam penyampaian hasil verifikasi administrasi itu kami sampaikan,” katanya.

Adapun di Kalimantan Utara (Kaltara), dikatakan Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami mengungkapkan, tak ada satu pun anggota KPU di Kaltara yang dicatut parpol.

Baik di lima kabupaten dan kota, maupun komisioner di provinsi.

“Sampai pukul 13.00 Wita hari ini (kemarin), tidak ada komisioner KPU di Kaltara yang namanya dicatut parpol. Sudah dicek langsung melalui website info pemilu oleh semua anggota KPU. Begitu pula dengan seluruh ASN-nya tidak ada yang dicatut,” ujar Surya ditemui Koran Kaltara, Jumat (5/8/2022).

Namun demikian, berdasarkan arahan KPU RI, pada komisioner diminta secara berkala untuk tetap melakukan pengecekan.

Pasalnya, proses pendaftaran masih berlangsung hingga (14/8/2022) mendatang.

“Pendaftaran parpol ini terus berjalan, makanya diminta secara berkala mengecek,” sebutnya.

Lebih jauh, Ketua KPU Kaltara juga membeberkan, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) ditemukan ada yang namanya tercatut.

Setidaknya, ada dua orang pegawai tidak tetap di lingkungan KPU, terdeteksi masuk kader partai saat dicek di website info pemilu.

“Hanya ada dua PPNPN yang dicatut, langsung klarifikasi. Di website itu ada form yang diisi menyangga jika nama yang bersangkutan masuk dalam Sipol (sistem informasi partai politik) terkait keanggotaan parpol,” jelasnya.

Kemudian, hasil dari pengecekan itu, disampaikan ke KPU RI sebagai laporan. Selain internal penyelenggara, Surya juga mengimbau kepada masyarakat, dapat mengecek langsung untuk mengetahui namanya masuk dalam keanggotaan parpol atau tidak di website info pemilu tersebut. (*)

BACA JUGA:

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment