Tarakan

Anggaran Dialihkan, Penyediaan Sarpras di Pasar Kampung Empat Terkendala

Untung Prayitno

TARAKAN, Koran Kaltara – Pasar Kampung Empat sampai sekarang belum difungsikan, karena beberapa fasilitas sarana dan prasarana (sarpras) masih belum terpenuhi. Fasilitas utama tersebut, yakni listrik, air PDAM dan jalan.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Tarakan, Untung Prayitno menjelaskan, untuk fasilitas sarpras sebelumnya sudah dianggarkan di tahun ini. Namun karena adanya refocusing anggaran untuk Covid-19 sehingga anggaran dialihkan.

“Karena ada refocusing untuk Covid-19, jadi kami belum bisa melakukan pengerjaan. Mudah-mudahan (APBD) perubahan ini bisa dikembalikan lagi,” jelasnya.

Kalau dana itu dikembalikan lagi, pasar segera difungsikan tahun ini karena listrik dipasang, air dipasang, dan akses jalan di kerjakan.

Diketahui, saat ini akses dari jalan utama menuju pasar cukup jauh. Jika hujan kondisi, jalan berlumpur.

Pihaknya sudah koordinasi dengan Dinas PU, rencananya akan dibangun jalan, minimal pengerasan untuk memudahkan akses masyarakat ke dalam.

“Kalau jalan itu nanti di Dinas PU anggarannya. Besarannya kami kurang tahu. Kami hanya (menyediakan) listrik dan air. Anggaran yang dibutuhkan kurang lebih Rp70 juta,” bebernya.

Sesuai dengan arahan Wali Kota Tarakan, listrik dan air tidak akan dipasang sebelum ada akses masuk. Pasalnya, jika pasar belum bisa difungsikan sementara listrik dan air dipasang, maka akan menjadi beban dinas pembiayaannya. Sehingga penyiapan sarpras harus bersamaan.

“Harus bersamaan. Jalan diperbaiki setelah itu baru listrik dan air. Kalau listrik tinggal nyambung saja, jaringan sudah ada, termasuk air juga tinggal nyambung, jaringan sudah ada,” katanya.

Diketahui Pasar Kampung 4 dibangun menggunakan anggaran DAK (dana alokasi khusus) sebesar Rp3,5 miliar, pengusulan tahun 2016 dan dibangun tahun 2017.

“Kurang lebih tiga tahun belum difungsikan. Pedagang sudah siap, tinggal sarpras saja yang menjadi kendala. Ada sekitar 100 los dan kios untuk pedagang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah